Jumlah Penduduk Miskin di Mamuju Kian Membeludak

Mamuju, Sosial, Sulbar748 views

2enam.com, Mamuju : Jumlah penduduk miskin Kabupaten Mamuju terus meningkat tiga tahun terakhir ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, jumlah penduduk miskin tahun 2016 sebanyak 17,47 ribu jiwa. Tahun selanjutnya naik menjadi 19,11 ribu jiwa. Angka itu kembali meningkat di 2018 menjadi 20,42 ribu jiwa. Peningkatan itu dipicu naiknya Garis Kemiskinan (GK), kelahiran, dan perpindahan penduduk alias migrasi.

Jumlah Penduduk Miskin di Mamuju Kian Membeludak

Kepala BPS Sulbar, Win Rizal menjelaskan, GK Mamuju senilai Rp 252.429. Angka itu diperoleh dari hasil penjumlahan antara Garis Kemiskinan Makanan (GKM) dan Garis Kemiskinan Non Makanan (GKNM).
GKM diperoleh dari pengeluaran kebutuhan minimum makanan yang disetarakan dengan 2.100 kilokalori per kapita setiap hari. Sedangkan GKNM, kebutuhan minimum untuk perumahan, sandang, pendidikan, dan kesehatan.

Dengan demikian, kata Win Rizal, apabila pendapatan per kapita penduduk kurang Rp 252.429 per bulan, maka dikategorikan sebagai penduduk miskin. Sementara jika dalam satu keluarga terdapat empat orang, maka nilai itu dikali empat orang, hasilnya Rp 1.009.716. Jika pendapatan keluarga kurang dari itu, maka dikategorikan sebagai rumah tangga miskin

Jumlah Penduduk Miskin di Mamuju Kian Membeludak

“Perkembangan penduduk miskin di Kabupaten Mamuju memang demikian. Kenaikan garis kemiskinannya sejak 2016 hingga 2018 sekira 13 persen. Paling tinggi dibandingkan kabupaten lain di Sulbar,” Ungkap Win Rizal, Selasa 4 Juni.

Selain GK, proses kelahiran juga berimplikasi pada jumlah penduduk miskin. Termasuk penduduk luar daerah yang memilih ke Mamuju untuk menetap. Disebabkan Mamuju sebagai ibukota provinsi, sehingga banyak penduduk dari daerah lain memilih ke Mamuju untuk tempat mengadu nasib.

“Padahal belum tentu berhasil. Banyak kita temukan pendatang, memulai usaha kecil-kecilan, sebagai tenaga sukarela maupun tenaga kontrak,” pungkasnya. (Saharuddin Nasrun/red)

Komentar