Memperingati Bulan Bhakti Karantina dan Mutu, SKIPM Bagi-Bagi Ikan ke Warga

Mamuju, Sulbar39 Dilihat

2enam.com, Mamuju : Dalam rangka memperingati bulan bhakti karantina dan mutu, Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (SKIPM) Kelas II Mamuju mengadakan berbagai kegiatan. Salah satunya ialah Gema Satu Kata yang dilaksanakan di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Minggu (08/04/18).

Gema Satu Kata atau Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina tersebut diantaranya membagi-bagikan ikan kepada masyarakat yang beruntung mendapatkan undian kupon yang telah dibagikan oleh panitia.

Ketua Panitia Gema Satu Kata, Muhammad Dusil Hafid mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut untuk mendorong masyarakat Mamuju yang gemar memakan ikan untuk lebih teliti dalam menkomsumsi ikan.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan bulan Bhakti karantina dan mutu yang diimplementasikan melalui kegiatan Gema Satu Kata yang tujuannya meningkatkan nilai gizi masyarakat,” ungkap Dusil Hafid

Dalam kegiatan tersebut SKIPM Kelas II Mamuju membagikan delapan paket ikan yang diberikan kepada masyarakat. Dusil Hafid juga menambahkan bahwa kegiatan bagi-bagi ikan tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan dikantornya nanti.

“Jadi kedepan akan kita adakan kegiatan serupa yang dikemas dalam bentuk donor darah. Target kita ialah seratus orang peserta, nantinya setiap peserta yang telah selesai mendonorkan darahnya akan kita berikan ikan,” tambah Dusil Hafid

Adapun ikan yang dipilih dalam pembagian tersebut ialah ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, diantaranya Kakap dan Tuna. Pelaksana Harian (Plh) Kepala SKIPM, Abdul Kadir mengungkapkan bahwa hal tersebut untuk meningkatkan nilai gizi masyarakat yang terkandung dalam ikan tersebut.

“Yang kami bagikan diantaranya ikan kakap, kerapu, tuna, dan ikan layang yang memiliki tingkat gizi tinggi sebagaimana tujuan kami dari kegiatan Gema Satu Kata yakni meningkatkan nilai gizi masyarakat,” sebut Abdul Kadir.

Kegiatan bagi-bagi ikan di Anjungan Pantai Manakarra terebut merupakan kali pertama yang diadakan oleh SKIPM Mamuju, selanjutnya kegiatan serupa bakal lebih ditingkatkan utamanya untuk mengedukasi masyarakat dalam hal pengawasan ikan.

“Jadi kegiatan ini juga untuk mengajak masyarakat agar gemar memakan ikan, disamping itu juga mengedukasi masyarakat untuk teliti dalam memilih ikan. Kami dari Stasiun karantina akan bersama-sama memantau hasil perikanan yang ada dimasyarakat,’ tandas Dusil Hafid. (74b*)

Komentar