Pemerintah Wajib Meprioritaskan Program Pembangunan Infrastruktur

Terbaru2 Dilihat

2enam.com, Mamuju – Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2018 tingkat Provinsi Sulawesi Barat dipusatkan di Kabupaten Mamuju Utara dengan mengusung tema “Melalui budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kita bentuk bangsa yang berkarakter”.

Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeny Anwar bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan tersebut, Selasa (06/02/18).

Dalam sambutannya Wagub Sulbar mengatakan, jika saat ini pihak pemerintah mestih meprioritaskan program pembangunan infrastruktur dan disertai penerapan K3 untuk mendukung kegiatan masyarakat.

“Pemerintah saat ini masih memprioritaskan setiap program kerja dalam pembangunan infrastruktur, antara lain fasilitas transportasi baik udara, darat, maupun laut serta sarana dan prasarana penunjang lainnya,” katanya.

“Program pembangunan tersebut harus didukung dengan penerapan K3 agar pelaksanaannya tidak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja,” katanya

Lebih lanjut mantan anggota DPR RI itu menguraikan, sejumlah kasus kecelakaan kerja terjadi belakangan ini, seperti kebakaran, runtuhnya konstruksi dan peledakan yang harus menjadi perhatian semua pihak. Kecelakaan kerja berdampak terhadap kerugian material , korban jiwa, gangguan kesehatan, dan mengganggu proses produksi.

Oleh karena itu menurutnya, perlu dilakukan upaya yang nyata untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan maupun penyakit akibat kerja secara maksimal.

“Salah satu penyebab kecelakaan kerja tersebut adalah belum optimalnya pengawasan, pelaksanaan, serta perilaku K3 di tempat kerja,” urainya.

Atas dasar tersebut pemerintah setempat membuat beberapa poin upaya pelaksanaan K3 pada tahun 2017 antara lain.

  • Menyusun dan menyempurnakan peraturan perundang-undangan dan standar di bidang K3.
  • Meningkatkan jumlah pengawas spesialis bidang K3.
  • Meningkatkan peran serta masyarakat melalui lembaga K3 dan peduli K3.
  • Meningkatkan kesadaran tenaga kerja dan masyarakat melalui peningkatan jumlah personil K3.
  • Meningkatkan perusahaan yang mendapatkan penghargaan K3.
  • Peran serta Indonesia dalam forum-forum Asean, regional dan internasional bidang K3, pembentukan unit reaksi cepat pengawas ketenagakerjaan.

Komentar