Kadivyankumham Dorong Masyarakat Manfaatkan Layanan Bantuan Hukum Gratis

2enam..com, Mamuju : Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat berpartisipasi dalam kegiatan Pendidikan Paralegal.

Kegiatan Pendidikan Paralegal ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Man Rekan Kita dengan tema Menggerakkan Desa Sebagai Pusat Perdamaian.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sulawesi Barat (Hidayat) hadir pada kegiatan ini sebagai salah satu narasumber yang mana peserta pada kegiatan ini ialah beberapa Kepala Desa dan Lurah yang ada di Kabupaten Mamuju.

Kegiatan Pendidikan Paralegal berlangsung di Aula De Shanum Hotel Mamuju, pada Kamis (17/10/2024).

Hidayat menyampaikan materi mengenai Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam menyelesaikan perkara-perkara yang terjadi di masyarakat. Dalam paparannya, beliau mengungkapkan bahwa cukup banyak layanan di Kemenkumham yang bisa dimanfaatkan oleh para masyarakat yang salah satunya ialah Bantuan Hukum secara cuma-cuma baik Litigasi dan Non Litigasi seperti Mediasi, Negosiasi dan Konsultasi Hukum.

Adapun Hidayat juga tentu menyampaikan persepsi mengenai Paralegal dan kaitannya dengan Paralegal Justice Award.

Terakhir, Kadivyankumham menjelaskan mengenai metode-metode penyelesaian sengketa melalui Mediasi yang harus dipahami oleh para Kepala Desa dan Lurah sebagai bentuk upaya penyelesaian permasalahan yang diharapkan dapat diselesaikan secara damai nantinya.

Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pamuji Raharja berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat memahami peran Kemenkumham dan beberapa layanan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat serta mengeratkan hubungan kerja dengan LBH Man Rekan Kita dan para Kepala Desa dan Lurah yang hadir di kegiatan tersebut.

“Semoga jajaran aktif dalam menyampaikan layanan-layanan Kementerian Hukum dan HAM di wilayah lainnya yang ada di Sulawesi Barat,” pungkas  Kakanwil

Komentar