Empat Sekolah Dikukuhkan Jadi Sekolah Ramah Anak di Mamuju

Mamuju, Sulbar18 Dilihat

2enam.com, Mamuju :  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Yohana Susana Yembise meresmikan empat sekolah ramah anak di Mamuju, Peresmian tersebut berlangsung di MTsN Binanga Mamuju, Kamis (12/04/18).

Masing-masing sekolah tersebut ialah SMPN 2 Mamuju, MTsN Binanga, SDI Rimuku dan MIS Al Chaeriyah Ma’rif.

Menteri PPPPA menuturkan, sekolah ramah anak tersebut merupakan model sekolah yang sadar dan menenuhi hak anak. Di antaranya mendapat perlindungan dari tindakan penganiayaan, hak untuk bermain dan berekspresi.

“Tumbuh kembangnya harus diperhatikan. Sesuai instruksi presiden agar hak-hak ini menjadi prioritas dalam sistem pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Yohana meminta agar keempat sekolah yang diresmikan tidak masif melakukan pendidikan karakter, utamanya memastikan sekolah terbebas dari aksi kekerasan fisik tenaga pendidikan dan guru serta di kalangan sesama siswa.

“Tidak boleh lagi ada kekerasan lingkungan sekolah. Sudah ada UU perlidungan anak,” tuturnya.

Dia pun meminta kepada empat sekolah itu, menjadi fasilitator bagi sekolah lain, agar menerapkan program serupa. Paling penting siswa sekolah ramah anak itu harus lebih berpendidikan dan menerapkan nilai-nila moral dalam beraktifitas.

“Karena mereka ini yang akan menjadi contoh bagi anak di sekolah lain,” pintanya.

Selain lounching Yohana juga memberikan penghargaan kepada empat sekolah, penanaman pohon dan penandatangan petisi bersama pejabat Pemprov Sulbar dan Pemkab Mamuju. (74b*)

Komentar