Tingkat Kepuasan Tinggi SKIPM Mamuju Raik Predikat B

Mamuju, Sulbar26 Dilihat

2enam.com, Mamuju, Mamuju – Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Mamuju mendapatkan predikat baik (B) dalam hal Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Kepuasan masyarakat dapat juga dijadikan acuan bagi berhasil atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik.

Selama dua periode pada tahun 2017 lalu survei dilaksanakan, survei pertama telah dilakukan pada bulan Mei 2017. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada periode ini adalah 79,86% dengan tingkat kepuasan masyarakat adalah B atau kategori baik.

Sedangkan survei pada periode kedua dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2017. Nilai IKM 81,68% dengan tingkat kepuasan masyarakat adalah B atau kategori baik.

Menanggapi hasil survei tersebut Kepala SKIPM Mamuju, Abdur Rohman mengatakan bahwa survei dilakukan berdasatkan peraturan menteri

“Survei kepuasan masyarakat ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Publik,” katanya.

Kemudian Kepala SKIPM Mamuju menjelaskan, jika meraka selama ini melakukan pelayanan yang dapat mencegah terjadinya praktik korupsi.

“Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat adalah cara pembayaran PNBP dengan sistem non tunai/elektronik, jadi tidak lagi dengan pembayaran secara tunai, hal ini sebagai bentuk transparansi dari pembayaran jasa karantina dan untuk mencegah terjadinya praktik korupsi, selain itu bentuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat atau pengguna jasa adalah sertifikasi kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan,” jelasnya.

Raihan hasil IKM kategori baik ini, tidak menjadikan SKIPM Mamuju puas dengan hasil ini tapi justru akan terus berupaya melakukan peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat, hal ini dilakukan agar pelayanan yang diberikan menjadi lebih baik lagi dan lebih efisien.

Kepala SKIPM Mamuju juga berharap untuk saran dan kritik dari pengguna jasa sangat diharapkan, terutama untuk peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap ini dapat menjadi parameter bagi pelayanan kami untuk mengetahui langsung bagaimana kepuasan pelanggan atau masyarakat terhadap pelayanan kami. Kami juga tidak akan berhenti sampai disini, ke depan akan terus melakukan perbaikan dan inovasi berkelanjutan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan tak lupa mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang tinggi kepada masyarakat yang telah menggunakan jasa SKIPM Mamuju ,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, jika kualitas pelayanan akan terus ditingkatkan dengan mengusung konsep Malaqbi.

“Kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan terus-menerus ditingkatkan sepanjang tahun, Kami SKIPM Mamuju dalam pengukuran pelayanan akan mengusung konsep Malaqbi, yang diartikan nilai-nilai luhur, mulia, rendah hati dan keutamaan dalam sifat-sifat berharkat dan bermartabat,” tutupnya.(rls/74b/*)

Komentar