oleh

Warsik Tahap I, Itwasda Polda Sulbar Sasar Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian

-Sulbar-1 views

2enam.com, Mamuju : Guna mencegah terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang di masing-masing satker (satuan kerja) di lingkungan Polri, Inspektorat Pengawasan Umum Daerah (Itwasda) Polda Sulbar kembali menggelar wasrik rutin tahap I.

Wasrik tahap I Itwasda Polda Sulbar ini akan fokus pada pemeriksaan aspek perencanaan dan pengorganisasian di setiap satker dan Polres jajaran.

Warsik Tahap I, Itwasda Polda Sulbar Sasar Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan taklimat awal wasrik tahap I yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Dr. Eko Budi Sampurno, M.Si di dampingi Wakapolda dan Kepala Perwakilan BPKP Sulbar, Selasa (17/3/20) di Aula Arya Guna Mapolda Jl. Aiptu Nurman Kalubibing Mamuju.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh pejabat utama Polda Sulbar, masing-masing perwakilan satker, Kapolres jajaran atau yang mewakili dan staf / Unit BPKP Provinsi.

Kabid Humas AKBP Syamsu Ridwan, SIK menyebutkan pelaksanaan wasrik ini akan menggali sejauh mana aspek pengorganisasian, dan ketaatan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, tutur Kabid Humas.

Sementara itu, dalam sambutannya Kapolda mengatakan melalui penguatan pengawasan ini diharapkan agar seluruh jajaran dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional, transfaran dan akuntabel.

Kita harus rubah pola pikir yang lebih baik di lingkungan kerja Polri, sedangkan dalam merubah pola pikir dan meningkatkan budaya kerja merupakan tugas bersama dimana proses ini memerlukan penyadaran akan tanggung jawab kemauan dan kesadaran pribadi tanpa terkecuali dari seluruh anggota polri.

“Saya menaruh harapan besar agar itwasda dapat berupaya maksimal mensinergikan seluruh kesatuan polri untuk dapat mempertahankan opini laporan keuangan Polri yang telah mendapat predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sejak tahun 2004 hingga 2019 yang lalu.” Tutur Kapolda.

Masih kata Kapolda, peran dan fungsi inspektorat pengawasan dituntut untuk dapat berperan maksimal dalam mencegah dan menghindari terjadinya penyalahgunaan anggaran melalui konsultasi bersama perwakilan BPKP Provinsi Sulbar dibidang manajemen di lingkungan Polri agar terus ditingkatkan pengawasan dan konsultasi intensif.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini saya minta kepada kasatker/kasatwil selaku obyek wasrik yangbterkait dalam kegiatan pemeriksaan ini, dapat memberikan informasi/data yang akurat dan benar kepada Tim dan apabilah mendapat temuan segera ditindak lanjuti agar temuan tersebut tidak berulang demi perbaikan institusi Polri, tutup Kapolda.

(Humas Polda Sulbar)

Komentar