oleh

Warga Diminta Waspadai Cuaca Buruk

2enam.com, Majene : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) mengingatkan agar warga waspadai curah hujan ringan intensitas hingga sedang beberapa hari ke depan.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Majene, Agus ST mengatakan, secara umum wilayah Sulbar sudah memasuki musim kemarau. Hanya saja, ada beberapa fenomena yang terjadi di sekitar laut Sulawesi, yakni fenomena Gelombang Rossby Ekuator dan Gelombang Kelvin.

Gelombang Rossby adalah gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat di sepanjang wilayah ekuator (20LU-20LS) dengan periode kurang dari 72 hari. Gelombang Rossby umumnya bisa bertahan hingga hari.

Adapun Gelombang Kelvin adalah gelombang atmosfer yang memiliki arah penjalaran mirip seperti MJO yaitu ke arah timur. Namun, periode gelombang itu jauh lebih pendek yaitu 2,5 hingga 20 hari.

“Fenomena itu menimbulkan aktivitas pertumbuhan awan di sekitar Sulawesi. Terutama di wilayah di Sulbar. Tiga hari kedepan cuacanya masih seperti saat ini,” kata Agus

Agus mengimbau, warga tetap tenang namun waspada terhadap cuaca yang tak menentu ini supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan gelombang tinggi.

“terutama wilayah Polman dan Majene itu gelombangnya cukup mengganggu, karena angin timur ini mempengaruhi juga terbentuknya gelombang di wilayah tersebut. Kalau wilayah utara seperti Mamuju, Mateng, Pasangkayu, gelombangnya relatif normal, kecuali di saat tertentu,” ujar Agus

M4r10

Komentar