oleh

Wagub Sulbar Ikuti Kegiatan Sapa Pengurus KB FKPPI Se- Indonesia Secara Virtual

2enam.com, Mamuju : Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar, yang juga selaku Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Sulbar, didampingi Kasrem 142 Tatag Kolonel Inf. Yusuf Sampetoding  mengikuti Kegiatan Sapa Pengurus Keluarga Besar  (KB) FKPPI Seluruh Indonesia secara virtual, dari Ruang Rapat Lt. I Makorem  142/Tatag, Selasa 3 Agustus 2021.

Kegiatan itu mengusung tema, “Melalui Konsolidasi Kita Tingkatkan Peran dan Fungsi FKPPI Sebagai Organisasi Bela Negara Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PP FKPPI Pontjo Sutowo mengemukakan, TNI-POLRI merupakan kekuatan yang paling besar peranannya dalam mendirikan dan menjaga NKRI sampai saat ini.

“Untuk mampu melakukan tugasnya dengan baik menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dan masa kininya masih kompleks, diperlukan peran aktif Keluarga Besar TNI-POLRI,”tandas Pontjo

Disampaikan, FKPPI sebagai organisasi atau lebih tepatnya sebagai komunitas terbesar dalam lingkungan keluarga besar TNI-POLRI, yang perlu mempunyai strategi mendasar pengembangan organisasi untuk menjawab tantangan yang ada.

“Untuk itu, strategi pengembangan FKPPI dilakukan dengan Konsolidasi FKPPI,”tuturnya

Wakil Ketua Umum PP FKPPI, yang juga Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Bela Negara tidak bisa hanya dimonopoli oleh satu kekuatan tersendiri, misalnya TNI maupun Kepolisian, tapi semua pihak dan semua  sektor punya peran dan punya andil untuk melakukan kegiatan Bela Negara.

Melalui kesempatan itu, Agus menyinggung mengenai hadirnya Varian Delta di Indonesia yang mengikuti adanya defisit oksigen. Menurutnya, untuk menghadapi hal itu salah satu upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah mendorong tersedianya sebanyak-banyaknya apa yang disebut dengan oksigen konsentrator.

“Oksigen konsentrator sangat efisien, karena kita tidak perlu lagi berpikir atau pusing yang lain bagaimana kita mendapatkan oksigen dan juga kita tidak perlu lagi pusing berkaitan dengan bagaimana kita mentransfer oksigen dari pabrik oksigen ke rumah sakit dan tidak pusing lagi mendistribusi karena oksigen konsentrator ini sudah tercover semua,”ucapnya

Sehubungan hal itu, Agus menyatakan, akan mendistribusikan sejumlah oksigen konsentrator melalui FKPPI Kota Makassar dan Kota Jayapura untuk bisa diserahkan ke rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan.

“Hal itu bisa dikoordinasikan dengan Pak Gatot dan juga Kader FKPPI Selaku Staf Khusus Menteri Perindustrian,”tambahnya

Ketua FKPPI Sulbar, Enny Anggraeni Anwar mengatakan, apa yang disampaikan oleh PP FKPPI   diharapkan dapat memberikan gambaran kepada FKPPI daerah untuk bisa lebih mandiri di daerah.

“Terima kasih semoga apa yang diprogramkan itu dapat berhasil dan sukses, serta kita juga dapat memberikan yang terbaik kepada para anggota kader-kader FKPPI yang ada di daerah.  Tentunya ini karena adanya kader-kader FKPPI yang menjadi menteri di pusat,”kata Enny

Enny menuturkan, inti dari kegiatan Sapa Pengurus KB FKPPI senantiasa berada di tengah tengah masyarakat, khususnya dalam masa pandemi Covid-19 Anggota FKPPI harus siap memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Harapan kami, semoga Sapa KB FKPPI ini dapat sering kita lakukan, walaupun dalam masa pandemi Covid- 19 yang telah melanda dunia bahkan Indonesia,”tutur Enny

Menanggapi pernyataan  Wakil Ketua Umum PP FKPPI mengenai pendistribusian oksigen konsentrator untuk Kota Makassar dan Kota Jayapura. Enny berharap oksigen konsentrator  tersebut juga dapat didistribusikan untuk Sulbar, sebab hal itu sangat dibutuhkan saat ini.

“Di Sulbar juga saat ini sedang mengalami peningkatan yang cukup besar dan salah satu yang kami hadapi saat ini adalah kekurangan dari oksigen. Oleh karena itu, tentu kami juga sangat mengharapkan Pak Menteri kiranya Sulbar juga dapat dibantu untuk konsentrator oksigennya, karena kami sangat kekurangan dan pasien sudah sampai menumpuk, sementara rumah sakit rujukan di Sulbar hanya satu,”ucap Enny

Sekjen KB FKPPI, Anna R. Legawati mengatakan, kegiatan Sapa Pengurus  FKPPI, bertujuan sebagai bentuk sosialisasi hasil Rapimpus  yang ke-III pada Maret 2021 lalu, sekaligus juga agar terjalin komunikasi yang baik antara Pengurus Pusat,  daerah dan cabang serta Rayon.

Selain itu, juga dimaksudkan untuk mengefektifkan dan memperkuat tata kelola organisasi secara struktural dan fungsional sebagai wadah berhimpun baik dalam hubungan dengan pembina maupun organisasi di lingkungan keluarga besar TNI-POLRI, agar dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Anna berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan itu  semua pengurus dapat memahami dan memiliki visi misi yang sama dalam berorganisasi, selaras dengan peran dan tugas pokok TNI-POLRI dalam mengabdi terhadap negara, bangsa dan rakyat Indonesia.

“Hal ini agar dapat tercipta pemahaman dan cara pandang yang sama terhadap Bela Negara, terlebih lagi dalam masa Pandemi seperti saat ini,”terangnya

(ian)

Komentar