oleh

Wagub Sulbar : APIP Harus Dapat Jadi Mitra Strategi

2enam,com, Mamuju : Wakil Gubenur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar membuka Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat Sulbar Pada Kabupaten Se-Sulbar,  Kamis, 21 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut tersebut mengusung  tema “Melalui Pemutakhiran Data TLHP, Kita Tingkatkan Peran Inspektorat Sebagai Mitra Dalam Mengawal Pemerintahan Yang Amanah”.

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar, pada kesempatan itu menekankan dua hal yang terkandung dalam pelaksanaan Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Inspektorat, yakni pertama APIP mendorong dan mendampingi setiap OPD dalam menindaklanjuti setiap rekomendasi. Kedua APIP mereviu setiap bukti tindaklanjut guna memastikan bahwa rekomendasi telah selesai ditindaklanjuti.

Enny juga menekankan, peningkatan kapabilitas APIP dan maturitas SPIP juga perlu mendapat perhatian, karena merupakan tolok ukur dari tatanan kegiatan pengawasan atau pengendalian. APIP  harus dapat menjadi mitra strategi dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan pemerintahan.

“Hal ini diperlukan untuk mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, yang mengarah pada pemerintahan yang bersih. Pimpinan APIP harus memiliki strategi dan berpikir kritis (kemampuan untuk berfikir secara jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dipercayai), agar mampu memanfaatkan  berbagai sumber Informasi tantangan dan merancang serta melaksanakan strategi untuk memenuhi prioritas APIP,”tandas Enny

Enny menyampaikan, tugas dan tanggungjawab APIP kedepan  semakin berat. Untuk itu APIP provinsi dan kabupaten harus bersinergi, guna terwujudnya pengawasan dan pembinaan di daerah yang lebih berkualitas dan berkontribusi maksimal dalam mengawal program kegiatan pembangunan di daerah.

Melalui kesempatan itu, Enny menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kehadiran para peserta dalam rapat tersebut.

“Kehadiran saudara merupakan wujud kongkrit telah berjalannya sinergi dan kolaborasi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten se-Sulbar, dalam mengawal meyakinkan dan menjaga tata kelolah pemerintah di daerah Sulbar yang sama kita cintai. Semoga para peserta dapat berpartisipasi secara maksimal, demi meraih hasil yang maksimal menuju Sulbar yang Maju dan Malaqbi,”ucap Enny

Ia menambahkan, khusus pada Sulbar saat ini jumlah Auditor, PPUPD, Audiwan pada masing-masing unit pengawasan semakin meningkat. Bila dirata-ratakan berada pada kisaran 1-20 untuk Auditor kecuali Inspektorat provinsi sudah memiliki 41 Auditor yang bersertifikat.

Sedangkan, untuk PPUPD Se-Sulbar baru memiliki 15 orang.  Ini perlu terus mendapat perhatian unsur pimpinan daerah.

Adapun agenda pokok Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat Sulbar, selain Rekonsiliasi/Pemutakhiran Data TLHP Sulbar,  juga dilaksanakan Seminar Sehari, DESK dan Launching Aplikasi Sistem Informasi Hasil Pengawasan Inspektorat Sulbar (Si-Hape), yang menjadi Inovasi dalam Rancangan Akhir. Ini dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pelaksanaan penyajian data temuan hasil pemeriksaan Inspektorat.

Dengan adanya Aplikasi tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan Progres Penyelesaian Rekomendasi temuan hasil pengawasan  Inspektorat, sebagai salah satu Indikator Kinerja Inspektorat dalam  penyelesaian Progres Tindak lanjut Temuan Hasil Pengawasan.

(Ian)

 

Komentar