oleh

Upacara Hut Brimob Ke-75 di Polres Majene

2enam.com, Majene : Sejalan dengan usia Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, Korps Brimob tentu menjadi bukti dari bagian sejarah lahirnya kemerdekaan.

Untuk itu, Hut Korps Brimob di Tanah Air juga selalu meriah dilaksanakan. Hanya saja kondisi di tengah Covid-19 membuat suasana perayaan Hut Korps Brimob kali ini agak berbeda karena harus mengutamakan protokol kesehatan.

Di Polres Majene sendiri Hut Korps Brimob juga diselenggarakan meski hanya senderhana namun penuh dengan semangat dan khidmat, Sabtu (14/11/20).

Upacara Hut Brimob sendiri dipimpin langsung oleh Kapolres Majene AKBP Irawan Banuaji dan dihadiri oleh para pejabat utama beserta seluruh personil Majene, Satuan Brimob Detasemen Gegana dan Kompi III Pelopor Polman.

Kapolres Majene pada amanat yang dibacakannya menyebutkan Korps Brimob lahir, tumbuh dan berkembang tidak terlepas dari perjalanan Institusi Polri maupun sejarah bangsa. Sejak dari zaman pra kemerdekaan sampai dengan pasca reformasi saat ini Brimob senantiasa menjadi pasukan yang senantiasa dan dapat diandalkan Polri dalam menghadapi berbagai tantangan tugas berintensitas tinggi.

Hal ini dibuktikan dengan dianugerahkannya Pataka “Nugraha Cakanti Yana Utama” oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno sebagai bentuk penghargaan pemerintah atas pengabdian dan kesetiaannya.

Secara khusus, peran Brimob juga diapresiasi langsung oleh Kapolri yang mampu bergerak cepat mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia melalui berbagai kegiatan kemanusian seperti penyemprotan disinfektan dengan mobil water canon, dapur lapangan TNI-POLRI, pemberian bantuan sosial, imbauan pendisiplinan protokol kesehatan dan selainnya, tutur Kapolres pada amanat yang dibacakannya.

Sementara itu, AKBP Irawan Banuaji mantan Danden Gegana Sat Brimob Polda Sulbar sendiri menyebutkan kebanggaannya atas dedikasi korps brimob untuk bangsa ini. Sekali lagi Dirgahayu Brimob ke 75 “Jiwa Ragaku demi Kemanusian”.

Moment perayaan hut Brimob ini juga ditandai dengan ritual pemotongan tumpeng sebagai bentuk kesyukuran sekaligus penyerahan bingkisan kepada sesepu Brimob sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan atas perjuangannya dimasa lalu.

Diman

Komentar