oleh

Undang Wartawan, BNNP Sulbar Desiminasi Informasi P4GN

2enam.com, Mamuju :  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulbar menggelar Diseminasi Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN) di Aula Wisma Malaqbi Mamuju, Kamis 12 November 2020.

Kegiatan tersebut mengundang beberapa organisasi wartawan di Mamuju.

Kepala BNNP Sulbar, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto mengatakan, dalam memberantas narkotika dibutuhkan beberapa langkah pencegahan. Pertama, pencegahan primer, yakni dilakukan untuk masyarakat yang belum bersentuhan dengan narkotika, melalui sosialisasi.

Kemudian pencegahan sekunder, yakni pencegahan melalui pihak lain. Seperti tokoh agama, tokoh masyarakat dan sebagainya. Termasuk dengan memberdayakan masyarakat.

Terakhir, lanjut Brigjen Pol Sumirat, pencegahan tersier. Yakni, pelaksanaan pencegahan bagi yang sudah bersentuhan dengan narkotika. Para pecandu dan pemakai.

“Mereka harus dicegah agar tidak menggunakan narkotika lagi. Olehnya dilaksanakan rehabilitasi,” kata Brigjen Pol Sumirat, Kamis 12 November.

Hanya saja, kata Kepala BNNP Sulbar itu, pencegahan tersier belum bisa dilakukan di Sulbar. Belum ada tempat rehabilitasi di Sulbar.

“Yang ada hanya rehabilitasi rawat jalan. Ada sembilan puskesmas dan RSUD yang menjadi lokasi rehabilitasi jalan di Sulbar,” ungkapnya.

Hal tersebut tentu tidak efektif karena tidak bisa dilakukan kepada pecandu berat. Saat ini hanya ada di Baddoka Makassar.

“Sudah banyak yang dirawat di Baddoka dan tanah Merah sembuh dan produktif kembali,” tutup Brigjen Pol Sumirat.

M4R10

Komentar