oleh

Tingkatkan Pemahaman Angka Statistik, BPS Sulbar Gelar Workshop Wartawan

-Mamuju, Sulbar-33 views

2enam.com, Mamuju  : Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar workshop wartawan indikator statistik BPS tahun 2018 di ruangan Kasuari d’Maleo Hotel Mamuju, jSelasa (11/12/18).

Kepala BPS Provinsi Sulbar, Win Rizal dalam sambutannya menuturkan, jika data dari BPS sangat terbatas kalangan yang memahaminya.

Tingkatkan Pemahaman Angka Statistik, BPS Sulbar Gelar Workshop Wartawan

“Pada dasarnya kami dari BPS menyadari bahwa masih sangat terbatas kalangan yang memahami angka-angka statistik, karena angka statistik itu dianggap sebagian kalangan masyarakat merupakan angkat yang ribet, bikin pusing dan sangat berat,” tuturnya.

Oleh karenanya Win Rizal mengatakan, pada workshop kali ini lebih ditekankan pada penyebar luasan pemahaman mengenai data statistik.

“Penyebar luasan bertujuan agar terjadi kesepahaman dan pandangan yang sama, antara kami penyaji utama data dan wartawan sebagai pengguna data,” katanya.

“Dan juga akan lebih meningkatkan kualitas pemberitaan data statistik dan intensitas media massa dalam memberitakan data statistik dapat lebih meningkat,” sambung Win Rizal.

Karena tidak bisa ia pungkiri, media dalam hal ini wartawan memiliki peran penting dalam penyebaran informasi dalam karya-karya tulisnya.

“Tidak hanya memberikan pemahaman mengenai indikator statistik, namun juga meningkatkan minat dalam menulis karya ilmiah mengenai data-data statistik,” ujarnya.

Oleh karenanya, Win Rizal berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi wartawan sebagai peserta dalam memahami data statistik.

“Kami sangat berharap semua peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Dapat diperoleh pemahaman terhadap angka-angka statistik yang luas, sehingga dapat memingkatkan minat masyarakat mengenai angka statistik,” pungkasnya. (74b*)

Komentar