oleh

Persentase Tindak Lanjut  Laporan Keuangan Sulbar Capai 77,96

2enam,com, Mamuju : Berdasarkan hasil pemeriksaan Perwakilan BPK-RI Prov. Sulbar atas Laporan Keuangan Daerah,  secara umum kualitas penyajian laporan keuangan telah mengalami peningkatan. Hal itu terlihat persentase capaian tindak lanjut  Prov. Subar adalah 77,96 persen.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar, pada pembahasan tindak lanjut rekomendasi LHP BPK-RI, BPKP, Inspektorat Jenderal dan Inspektorat Prov. Sulbar,  melalui video conference dari kediaman pribadinya di Jakarta, Selasa 10 November 2020.

“Kita patut bersyukur bahwa upaya tindak lanjut yang kita lakukan cukup baik, akan tetapi masih sangat perlu ditingkatkan,”ucap Enny

Olehnya itu, Enny berharap pada pembahasan tindak lanjut yang dilaksanakan itu Pemprov Sulbar terus meningkatkan progres tindak lanjut hasil pemeriksaan, BPK RI, BPKP, Kemendagri dan Inspektorat provinsi dan pada akhir tahun bisa mencapai angka 80 persen, bahkan kalau bisa melampaui capaian angka tindak lanjut 2019 sebesar 81,39 persen.

Dikemukakan, semakin baiknya opini atas laporan keuangan entitas baik pada Pemprov maupun pada Pemkab se-Prov. Sulbar, juga diharapkan perbaikan hendaknya terus ditingkatkan guna mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel di Sulbar.

“Opini WTP merupakan bukti keseriusan kita dalam pengelolaan keuangan, sehingga LKPD tahun 2019 BPK memberikan Opini WTP terhadap 7 (tujuh) entitas atau 100 persen, yaitu Pemprov dan enam Pemkab di Sulbar. Mudah-mudahan di tahun yang akan datang seluruh Pemerintah Daerah dapat mempertahankannya,”harap Enny

Enny menekankan, dalam mewujudkan good governance dan clean government pada Pemprov Sulbar diperlukan adanya komitmen, konsistensi dan upaya yang kuat.

“Hal ini tidaklah mudah, diperlukan adanya komitmen, konsistensi, dan upaya yang kuat dari kita semua, karena pada saat di implementasikan bisa saja terjadi pro dan kontra, baik dari kalangan internal maupun eksternal,”kata Enny

Melalui kesempatan itu, Enny menyampaikan terimah kasih dan penghargaan kepada Pimpinan Perwakilan BPK-RI, BPKP dan Inspektorat Prov. Sulbar, atas kerja sama yang sangat baik selama ini dan berharap semoga kedepan kerjasama itu lebih ditingkatkan.

Selain itu, Enny juga menyampaikan, selaku Wakil Gubernur Sulbar memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan itu.

“Walaupun dilaksanakan tidak seperti biasanya, akan tetapi tidak mengurangi semangat kita untuk bekerja demi Sulbar,”ucapnya.

(deni)

Komentar