oleh

TIM Puslitbang POLRI Kunjungi Polres Polman

2enam.com, Polman :  Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan Penelitian tentang “Efektifitas Implementasi SOTK Pusinafis Bareskrim Polri di Kewilayahan” T.A. 2021 di wilayah Polda Sulawesi Barat salah satunya Polres Polewali Mandar, Senin (21/6/21).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rupattama Polres Polman dipimpin oleh Ketua Tim
AKBP Rudy Hartono, S.IP., M.M, Konsultan Dr. Godfrid Hutapea, S.E., M.Si, Sekretaris
Pembina I Budi Triyanto, S.Sos dan Anggota Juru I Dedi Hidayat.

Dalam kesempatan ini, AKBP Rudy Hartono, S.IP., M.M mengatakan Maksud dan tujuan penelitian dari Pusat langsung ke daerah Kewilayahan ini akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 21 s.d. 24 juni 2021.

“Sejak keluarnya UU No 2 Tahun 2002, dimana di dalam UU tersebut terdapat amanah yang termuat dalam pasal 14 ayat 1 butir “H” disebutkan bahwa polri berkewajiban menyelenggarakan laboratorium forensik, identifikasi kepolisian, kedokteran kepolisian dan psikologi kepolisian yang keempatnya disebutkan dalam satu ayat yang sama tentunya punya maksud tertentu dan bila ditelaah/diteliti lebih dalam dari sudut pandang keilmuan (foerensik), bahwa kewenangan dari masing-masing fungsi tersebut, bermuara pada kegiatan forensik itu sendiri” ujarnya.

Keberadaan kedokteran forensik, DVI dan narkoba pada pusdokkes bersama ke empat unsur forensik kepolisian lainnya (Labfor, Ident, Psikologi, Auditor) saat ini sudah harus diakui, sudah bukan sekedar “fungsi pendukung” dalam SCI (scientific crime investigation) melainkan sudah merupakan bagian utama dari SCI itu sendiri.

Hadir pada acara Penelitian Efektifitas Implementasi SOTK Pusinafis Bareskrim Polri di Kewilayahan dari Polres Polman antara lain Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono.,S.I.K, Wakapolres, Para Kabag, Para Kasat Fungsi, Perwakilan Kapolsek dan Kanit Reskrim dan Personel Polres Polman bagian Sat Reskrim (Unit Identifikasi).

Kapolres Polman AKBP Ardi Sutrionk.,S.I.K mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim dari Puslitbang Polri yang akan melakukan penelitian Efektifitas Implementasi SOTK Pusinafis Bareskrim Polri khususnya di wilayah Polres Polman.

“Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memberikan masukan kepada pimpinan polri dalam rangka penguatan struktur kelembagaan inafis dikewilayahan melalui restrukturisasi lembaga tersebut yang disesuaikan dengan kondisi kekinian, independent dan obyektifitasnya dapat dipertanggungjawabkan secara scientific” Ujar Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono., S.IK.

Humas Polda Sulbar

Komentar