oleh

Terkait Penguatan Data, BPS Mencanangkan Sistem Satu Data

-Sulbar-14 views

2enam.com, Mamuju, – Terkait penguatan data di Sulawesi Barat (Sulbar) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, Win Rizal mengatakan, bahwa pihaknya selalu berusaha untuk meningkat kualitas data.

“Kita selalu berupaya untuk itu karena kita ingin mengahasilkan data statistik terpercaya untuk semua. Artinya kalau berbicara tentang kualitas, kita selalu berupaya meningkatkan kualitas data karena kalau tidak berkualitas, tingkat akurasinya dipertanyakan,”ujarnya saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Rabu (25/9/2019).

Win Rizal juga mengungkapkan, bahwa BPS Sulbar akan melaksanakan kegiatan menyambut Hari Statistik Nasional (HNS) tanggal 26 September.

“Jadi, besok kita punya tema “Menuju Indonesia Maju Melalui SDM dan Data Berkualitas”. Artinya, aspek penguatan data kembali digaungkan disini,”ungkap Win Rizal.

Lanjut Win Rizal mengatakan, bahwa salah satu yang menyebabkan data dianggap tidak akurat, karena sering terjadi data dari beberapa sumber untuk satu topik yang sama.

“Kedepannya, dalam rangka penguatan data, kita akan berupaya untuk menjadikan satu data. Apalagi tahun depan, akan ada sensus penduduk tahun 2020, tema kita nanti “Menuju Satu Data Kependudukan”. Jadi nanti tidak ada lagi data dari berbagai instansi,”pungkasnya.

Kedepannya, kata Win Rizal, pihaknya akan melaunching aplikasi yang didalamnya terdapat data, publikasi dan informasi.

“Nanti, kami akan melaunching juga program aplikasi. Jadi, tinggal masuk ke sana karena publikasi ada semua disana, data-data dan informasi yang ada di YouTube misalnya saya menulis rilis itu sudah ada disana,”tutur Win Rizal.

Terkait penggunaan data yang dihasilkan BPS oleh Pemerintah Daerah (Pemda), Win Rizal mengatakan, bahwa semua data di BPS digunakan oleh Pemda.

“Selama ini, Pemda kalau menyusun RPJMD, itukan angka dari kita semua. Misalnya pertumbuhan ekonomi, inflasi, kemiskinan, pengangguran, IPM dan Generasio, itu hampir semua RPJMD targetnya data BPS semua. Artinya kita siapkan untuk Pemda semua informasi yang diperlukan dalam penyusunan RPJMD dan membuat laporan pelaksanaan pembangunan,”imbuhnya.

“Untuk pencanangan sistem satu data, sudah dimulai. Kalau Perpres no 39 tahun 2019 itu sudah dicanangkan oleh Presiden RI,”tutup Win Rizal.

(Eka/*)

Komentar