Tekan Pelanggaran, KPU Pajang Spanduk Sanksi Pemilih Curang di TPS

Mamuju, Sulbar42 views

2enam.com, Mamuju : KPU Mamuju memasang spanduk pemberian sanksi bagi warga yang hendak berbuat curang, di TPS pelaksana PSU dan PSL.

Koordinator Divisi Teknis KPU Mamuju, Asriani mengatakan, masing-masing TPS yang melaksanakan PSU dan PSl disebabkan warga yang memilih lebih dari sekali. Mengantisipasi kejadian serupa, KPU berinisiatif memasang spanduk agar masyarakat tak kembali melakukan upaya serupa.

Tekan Pelanggaran, KPU Pajang Spanduk Sanksi Pemilih Curang di TPS

Spanduk itu berisikan sanksi pidana dan denda yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Mencoblos dua kali atau lebih diancam pidana 18 tahun penjara dan denda Rp 18 juta. Mengagalkan pemungutan suara diancam 5 tahun penjara dan denda Rp 60 juta.

Sementara menghalangi warga memilih diancam dengan menggunakan kekerasan diancam 2 tahun penjara dan denda Rp 24 juta. Sementara untuk warga yang mencoblos menggunakan identitas warga lain dipenjara 6 bulan dan denda Rp 18 juta.

“Spanduk ini dipasang di setiap TPS,” kata Asriani ketika memantau pelaksanaan PSU, di TPS 17, Jalan Pengayoman, Rimuku, Sabtu 27 April.

Asriani berharap, pemasangan spanduk itu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bersikap jujur dalam memilih.

“Termasuk meminimalisir kecurangan dalam pemungutan suara,” tandasnya.

Komentar