oleh

Sutinah Wanita Pertama Yang Maju di Sejarah Pilkada Mamuju

-Mamuju, Politik-10 views

2enam.com, Mamuju : Koalisi Mamuju Keren yang terdiri dari 10 partai pengusung dan pendukung mendeklarasikan pasangan Siti Sutinah Suhardi dan Ado Mas’ud sebagai calon bupati dan wakil bupati di kontestasi Pilkada Mamuju 2020.

Koalisi yang memiliki 13 kursi di DPRD Mamuju itu terdiri dari partai Demokrat 4 kursi, PDIP 1 kuris, Gerindra 3 kursi, PKS 1 kursi, PAN 3 kursi dan PBB 1 kursi. Juga ada PKPI, PKB, Gelora dan PSI yang masuk dalam jajaran partai pendukung.

Dengan dideklarasikannya pasangan Sutinah-Ado, maka, hampir pasti akan terjadi head to head di Pilkada ibu kota Provinsi Sulawesi Barat itu. Dimana Sutinah-Ado akan menantang petahana Habsi Wahid yang berpasangan dengan Irwan SP Pababari.

Yang lebih menariknya lagi, Sutinah akan menjadi wanita pertama yang maju dalam kontestasi politik lima tahunan di Bumi Manakarra itu. Hal itu menjadi sejarah baru dalam perpolitikan Kabupaten Mamuju, apa lagi Sutinah maju untuk merebut kursi pucuk pimpinan, bukan kursi wakil yang biasanya ditempati oleh kaum perempuan.

Tentunya, hal itu diharapkan mampu membawa angin segara bagi kabupaten yang menjadi pusat pemerintahan di provinsi ke-33 itu. Ia dinilai mempu menghadirkan sautu sentuhan yang selama ini kurang mampu diberikan oleh petahana.

“Sudah banyak wanita yang menjadi bupati, gubernur dan bahkan presiden yang sukses membawa daerahnya. Olehnya itu jangan memandang sebelah mata kekuatan wanita,” kata Ketua DPD Demokrat Sulbar, Suhardi Duka yang juga mantan Bupati Mamuju dua periode itu saat deklarasi, Minggu (09/08/2020) malam.

Jika memiliki pemimpin seorang wanita, menurut Suhardi, masyarakat Mamuju akan suatu keuntungan yang belum tentu ada dipemimpin seorang pria, yakni sisi kasih sayang dan kelembutan.

“Wanita itu cepat tersentuh hatinya terhadap kehidupan sosial dan kemiskinan. Maka itulah, Mamuju membutuhkan wanita, karena membutuhkan sentuhan sosial untuk rakyatnya,” ujar Suhardi.

Suhardi juga sangat yakin, Sutinah akan mampu mengemban amanah jika dipercayakan oleh masyarakat Mamuju. Apa lagi, Ado Mas’ud, sosok pendamping Sutinah ia nilai juga mampu mengemban amanah, apa lagi ia sudah berproses dari bawah.

“Ado Mas’ud saya tau betul perjalanan kariri, mulai dari menjadi anggoata DPRD, hingga bisa menjadi Ketua DPD PDIP Mamuju,” terang Suhardi.

Hal serupa juga dikayakan oleh Ketua Koalisi Mamuju Keren Muhammad Reza, menurutnya Sutinah memilik rekan jejak yang sangat baik, apa lagi, sebelum maju sebagai calon bupati ia pernah menjabat sebagai kepala dinas, yang tentunnya pahak akan tata kelola pemerintahan dan diyakini bisa membawa Mamuju menuju arah yang lebih baik.

“Saya juga sangat kenal pendamping Ibu Sutinah, saudara saya Ado Mas’ud ini sudah teruji kinerjanya di lembaga legislatif,” tutup Reza.

(74b)

Komentar