oleh

Sutinah Akan Berdayakan Emak-Emak

2enam.com, Mamuju : Kampanye terbatas yang dilakukan pasangan calon (Paslon) Sitti Sutinah Suhardi di Dusun Garuda, Desa Pancasila, Kecamatan Papalang disambut antusias puluhan ibu-ibu atau emak-emak, dengan lantang meneriakan dukung nomor urut satu untuk memenangkan Tina-Ado.Senin (28/9/2020).

Warga pun sempat membludak,padahal menurut Kordinator Kecamatan Papalang, Wahab, ia hanya mengundang terbatas tidak lebih 50 orang. Sehingga sempat mendapat teguran dari Panwas Papalang, namun animo warga sulit dibendung.

“Sesuai agenda kita pertemuan di Dusun Garuda, dan mengundang 50 orang, namun itu warga yang hadir lebih karena mau melihat calon bupatinya. Jadinya membludak. Alhamdulillah semua terkoordinasi dan aman.Tetap dilanjutkan dalam rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan, dan sebagian terpaksa berdiri dan mendengarkan dari jauh,” kata Wahab, Koorcam Koalisi Mamuju Keren Papalang.

Lebih lanjut Wahab, bahwa pihaknya tidak menyangka orang yang akan hadir seperti itu,orang yang di undang hanya 50. Namun kondisinya simpatisan banyak yang hadir. “Semoga panwas bisa mengerti dan melihat sendiri. Kami berharap semua pendukung, simpatisan bekerja maksimal sehingga bisa memenangkan pasangan nomor urut 1, Sutinah-Ado,”ungkapnya

Sementara seorang warga menyampaikan, “U’dea mala mularang, yaku inne su’be a elo ku, dediang a’ magundang. Melo kukita calon bupati ku. (Kamu tidak bisa larang saya. Saya ini datang karena mau saya, tidak ada yang mengundang saya datang. Mau melihat calon calon bupatiku,” tutur salah satu warga dengan bahasa Mamuju.

Sementara itu, Calon Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menyampaikan rasa terimakasih kepada emak-emak dan semua yang sudah hadir. Terkait program Tina-Ado jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Mamuju, tentu juga akan menyasar kelompok emak-emak. “Emak-emak juga akan kita buat pemberdayaan, akan diberikan pelatihan seperti menjahit, bikin kue dan lainnya. Nanti setelah itu baru diberikan modal atau diberikan alat,” pungkasnya.

Untuk program kesehatan, yang tidak punya BPJS nanti bisa berobat di rumah sakit dan Puskesmas secara gratis, yang penting KTP Mamuju. Nanti kita akan ada ambulance gratis tiap desa. Nanti Pemkab yang beli mobilnya, diserahkan ke desa untuk dipakai dan perawatannya, pungkas Sutinah.

Program dibidang pendidikan, kami ada beasiswa manakarra yang manfaatnya sangat dirasakan warga. Nanti dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Nanti akan ada dua jenisnya, yang kurang mampu dan berprestasi, “Bagi yang memenuhi syarat akan kita berikan”.

“Semua bisa merasakan bukan hanya dikota. Nanti juga akan ada bus sekolah, jika ia didalam dusun seperti ini kita akan membangun kerjasama dengan pengusaha yang bisa angkut anak sekolah sampai dusun-dusun,” papar Sutinah.

Selain itu, bidang pertanian dan nelayan, perdagangan, majelis taklim akan ada bantuan pertahun.

Salah seorang warga menyampaikan, “Disini banyak petani dan nelayan, saya tidak usah sampaikan kebutuhannya, pasti ibu mengerti. Kita harus jalan dan memenangkannya. Adinda saya ini (Sutinah) orang berkomitmen saya percaya itu dan buktikan”.

Warga lainnya menyampaikan, “Saya pengalaman, waktu ibu ini dinas perdagangan saya dikasi waktu tiga hari bikin permohonan, dan ibu langsung ke Jakarta mengurus pasar, dan hari ini pasar itu ada karena ibu (Sutinah). Saya pernah ditanya pak SDK kapan pasar diresmikan, saya bilang nanti ibu Tina bupati dan resmikan,” ungkap seorang warga.

Sementara warga yang lain berharap jika Tina-Ado terpilih mampu merealisasikan janjinya. “Saya juga minta ibu komitmen dan bisa merealisasikan janjinya minimal 60 persen, bukan seperti bupati yang lalu-lalu. Ibu ini perjalannya masih panjang dan saya berharap ini bisa dipenuhi jangan seperti lainnya,” sebutnya.

Sedangkan salah sorang emak-emak berharap, adanya modal usaha untuk kerja, “Kami berharap bisa difasilitasi, disini banyak yang jual ikan naik sepeda, semoga bisa,” harapnya.

Lanjut Emak-emak yang lain menyampaikan apresiasi atas kehadiran Ibu Sitti Sutinah Suhardi, yang diwujudkan dengan membuat kue secara suka rela, pun disambut rasa haru oleh Ibu Sitti Sutinah Suhardi. “semoga bernilai berkah,” ujarnya.

Lanjut kata Sutinah, soal pasar saya sudah komitmen sebelum berakhir jadi kadis perdagangan, yang lainnya kita akan berjuang sama-sama. “Mari kita bersatu untuk berjuang sama-sama, menangkan nomor urut 1, Tina-Ado. Tentu akan lebih banyak hal yang bisa kita lakukan jika Tina-Ado menang,” kuncinya.

(MRz)

Komentar