oleh

Sumur Jodoh Karampuang Perlu Perhatian Khusus

-Mamuju-8 views

2enam.com, Mamuju : Salah satu destinasi wisata yang di miliki kabupaten Mamuju dari dulu sampai saat ini masih ramai di kunjungi yakni sumur jodoh.

Konon katanya sumur jodoh yang berada di pulau Karampuang tersebut memiliki 3 rasa di percaya masyarakat dapat mendatangkan jodoh ketika kita meminum dari sumur.

Menurut cerita masyarakat sekitar 3 rasa tersebut yakni rasa asin, payau dan tawar.saat ini sumur tersebut yang menjadi pengetahuan umum bahwa ketika ada seorang wanita yang meminum air atau mandi dengan air dari sumur jodoh dipercaya bahwa akan mendapatkan jodoh dalam waktu dekat.

Nama sumur jodoh pada awalnya bujung kayyang yang berarti dalam bahasa Indonesia berarti Sumur yang besar namun dengan berjalannya waktu akhirnya berubah nama.

Kepala dinas pariwisata kabupaten Mamuju Usdi mengatakan, kemungkinan pergantian nama tersebut berawal dari pengalaman masyarakat yang berada disekitar sumur jodoh.

“Masyarakat di sana meyakini jika mengkonsumsi air dari sumur tersebut akan mendapatkan jodoh.jadi itu yang sampai saat ini sehingga mereka memberi nama sumur jodoh,”Kata Usdi saat di hubungi via telepon,Senin(3/8/2020).

Ia menambahkan bahwa tempat ini salah satu spot yang berada di pulau Karampuang sehingga dilakukan koordinasi dengan Bumdes agar dapat menjalin kerjasama dengan pemdes membangun spot pariwisata yang berada di pulau Karampuang.

“Kami berharap Bumdes banyak mengambil peran.apalagi di sana itu sudah ada terbentuk kelompok sadar wisata dengan Bumdes.sehingga sangat di harapkan untuk memberikan perhatian yang besar terhadap spot wisata yang berada di daerah mereka,”ungkap Usdi.

dirinya mengaku bahwa pengembangan pariwisata secara cepat apabila adanya kolaborasi dan terintegrasi semua sektor masuk berbasis pemberdayaan.

“Masyarakat terlibat karena pada akhirnya juga mengambil nilai manfaat dari nilai berkembang nya pariwisata itu adalah masyarakat itu sendiri.karena kami yakini jika wisata terbuka di suatu daerah ruang ekonomi juga ikut terbuka,”tandasnya.

Di ketahui bahwa selain sumur jodoh sudah terkenal sebagai salah satu destinasi pariwisata yang ada di kabupaten Mamuju ada juga gua lidah,gua kelelawar,sumur kapal sehingga perlu pengelolaan pariwisata yang perlu dilakukan.

(MRz)

Komentar