oleh

Sulbar Terendah Kasus Covid-19 di Indonesia

2enam.com, Mamuju : Sulawesi Barat menjadi salah satu provinsi dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terendah di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulbar, Safaruddin mengatakan, tak mau mengatakan jika Sulbar paling rendah kasus positif Covid-19.

“Saya tidak mengatakan paling rendah tapi agak lumayan, agak membaik. Artinya ini sebenarnya turunnya karena yang pertama masyarakat sadar akan covid, dan pemerintah dari awal tetap konsisten mengimbau warga untuk menerapkan prokes,” kata Safaruddin.

Selain itu, vaksinasi yang dilakukan sejauh ini sudah maksimal. Saat ini sudah 78 persen.

“Gubernur juga selalu mengingatkan agar taat prokes, bupati juga sudah diperintahkan untuk seluruh pegawainya untuk divaksin, TNI polri juga diajak untuk melaksanakan vaksinasi massal,” ungkapnya.

Direktur RS Sulbar, dr Indahwati menyebutkan, saat ini hanya ada 15 orang yang dirawat di RS.

“Saya belum tahu apakah ada pasien baru atau tidak, belum saya cek, yang jelas ada 15 pasien positif,” jelasnya.

Menurutnya, ia meminta agar pasien yang terpapar covid dilakukan skrining, agar diketahui sumbernya dari mana.

“Jangan sampai tidak dicari, akan membuat fenomena gunung es bisa berbahaya. Semua dinas kesehatan harus melakukan skrining, kalau ada terpapar harus dicari sumbernya,” ujarnya.

Meski demikian, ia bersyukur jika Sulbar menjadi daerah dengan kasus terendah di Indonesia.

“Kita bersyukur kalau rendah tapi kita khawatir kalau terjadi fenomena gunung es, jangan sampai ada yang tidak terdeteksi. Semoga benar itu datanya,” ungkapnya

M4R10.

Komentar