oleh

Sopliadi Nilai Konfercab HMI Cacat dan Inskonstitusional

-Mamuju, Sulbar-567 views

2enam.com, Mamuju : Konferensi Cabang (Konfercab) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra ke V yang dilaksanakan oleh segelintir kader HMI dinilai cacat dan inkonstitusional oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra.

Saat dikonfirmasi via telepon, ketua umum HMI Cabang Manakarra, Sopliadi  mengatakan, jika ada kegiatan Konfercab yang dilakukan oleh segelintir kader HMI diluar dari yang diketahui oleh pengurus HMI Cabang Manakarra dan Panitia pelaksana kegiatan, itu kami anggap cacat administrasi dan inkonstitusional, pasalnya pasca konflik yang terjadi belum menuai titik terang dan seharusnya koordinator steering berkoordinasi dengan pengurus Cabang Sacara resmi, termasuk panitia sebagai pelaksana teknis kegiatan.

Ia meminta jangan melakukan langkah secara diam – diam dalam mengambil keputusan untuk menggelar konfercab.

Lebih jauh, Sopliadi menjelaskan bahwa, seharusnya stering berkoordinasi dengan pengurus Cabang yang meliputi pengurus inti dalam hal ini ketua Umum HMI Cabang manakarra sebagai penanggung jawab Konfercab sesuai yang tertuang pada pasal 14 anggaran Rumah tangga HMI.

Selain itu, Sopliadi juga menilai bahwa Konfercab yang dilakukan tanpa koordinasi dengan pengurus Cabang dan dirinya selalu Ketua Umum HMI Cabang Manakarra sangat fatal dan mencederai organisasi.

” Jadi, sejauh ini saya sebagai ketua umum menganggap bahwa langkah yang dilakukan sangat fatal dan mencederai organisasi HMI Cabang manakarra Secara institusi, olehnya itu saya selaku ketua Umum HMI Cabang manakarra menganggap bahwa agenda yang melanjutkan sidang tanpa mengkonfirmasi 2 steering lainnya dan pengurus cabang itu Inkonstitusional,” tegas Sopliadi.

Seharusnya, langkah awal menyelesaikan kepengurusan komisariat terlebih duhulu yang dianggap bermasalah, jangan melangsungkan agenda karena hal ini dapat mencederai dinamika yang ada di HMI,” kunci Sopliadi.

Sekedar diketahui, pasca konflik yang terjadi di Konfercab yang dibuka pada tanggal 26 Oktober lalu, beredar foto di media sosial pelaksanaan konfercab lanjutan yang menetapkan Lukman sebagai ketua terpilih.

Rls/Yudi.

Komentar