oleh

SKIPM Mamuju Lakukan Penanaman 1.000 Mangrove

-Mamuju, Sulbar-20 views

2enam.com, Mamuju : Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (SKIPM) Kelas II Mamuju melakukan penanaman 1.000 magrove, Sabtu (21/04/18).

Kegiatan penanaman mangrove tersebut dipusatkan di Taman Wisata Mangrove di Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

SKIPM Mamuju Lakukan Penanaman 1.000 Mangroveì

Dimana kegiatan ini melibatkan Pangkalan TNI AL (Lanal) Mamuju, Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Mamuju, Palang Merah Indonesia (PMI) Sulbar, Kepolisian dan beberapa instansi lainnya.

Kepala SKIPM Mamuju, Abdur Rohman mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan bulan bakti karantina ini.

“Acara penanaman magrove ini merupakan rangkaian acara dari bulan bakti BKIPM, yang tiap tahunnya kami laksanakan selama sebulan penuh,” katanya.

SKIPM Mamuju Lakukan Penanaman 1.000 Mangrove

Lanjut Rohman, kegiatan penanaman magrove ini merupkan wujud bakti BKIPM sebagai masyarakat, maski bukan fungsi utama dari BKIPM namun akan bermanfaat bagi komoditi perikanan dan kelautan kedepannya.

“Kegiatan penanaman mangrove ini sebagai wujud bakti kami sebagai masyarakat kelautan dan perikanan, dimana kami mengimplementasikan kepada lingkungan diskitar kita,” jelasnya.

“Dengan menanam magrove kita dapat mencegah abrasi, membentuk garis pantai, dan juga dapat menjadi tempat berpijahnya Ikan, Kepiting, dan komoditi laut lainnya,” jelasnya lebih lanjut.

Sementara Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Mamuju, Letkol Laut (KH) Siangka sangat mengapresiasi kegiatan penanaman magrove yang dlakukan oleh SKIPM Mamuju.

“Saya sangat mengapresiasi SKIPM Mamuju dalam hal penanaman magrove ini, karena magrove ini merupakan tanaman potensi yang harus kita jaga lelestariannya, karena sebagai salah satu pohon tempat habitat laut untuk mendapatkan makanan,” tuturnya.

SKIPM Mamuju Lakukan Penanaman 1.000 Mangrove8

Lebih lanjut Danlanal mengatakan, jika pihat TNI AL siap memberikan bantuan apapun bagi mereka yang ingin menjaga kelestarian laut di wilayah Sulbar.

“TNI AL akan memberikan bantuan, pengamanan dan pengawasan apapun bentuknya yang dibutuhkan masyarakat untuk menjaga kelestarian mangrove di wilayah Sulbar,” kata Danlanal Mamuju.

Lanjut Danlanal, wajib hukumnya bagi Lanal Mamuju untuk melakukan operasi rutin untuk menjaga habitat laut dari kerusakan dan berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut.

“Wajib hukumnya bagi Lanal Mamuju itu untuk memantau, jadi kami akan melakukan operasi rutin sehingga seluruh habitat laut, ikan, terumbu karang, magrove, dan sebagainya dapat terhindar dari kerusakan,” ujarnya.

Lurah Bebanga, Nursam Salam sangat berterima kasih atas kegiatan penanaman mangrove yang dipusatkan di wilayah pemerintahannya.

“Saya sangat berterima kasih kepada SKIPM Mamuju atas kegiatan penanaman 1000 megrove yang di pusatkan ditempat kami, dan semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga dapat menjaga kelestarian habitat laut yang ada di tempat wisata ini,” tutupnya. (74b*)

Komentar