oleh

Sektor Pengadaan Barang/Jasa Jadi Titik Rawan Korupsi

-Mamuju, Sulbar-18 views

2enam.com, Mamuju, Pemerintah daerah (Pemda) provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia, termasuk di Sulbar, sudah pernah terlapor di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Umumnya terkait masalah pengadaan barang dan jasa.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, laporan itu kini berada di Humas KPK. Hampir semua daerah, termasuk Sulbar yang ada laporannya ke KPK. Tapi apakah laporan itu ditindaklanjuti itu harus melalui penyelidikan dan koordinasi dengan
Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) daerah.

“Saya belum tahu sejauh mana. Masalah spesifik saya endak tahu. Tapi umumnya, korupsi di daerah rata-rata masalah pengadaan barang dan jasa,” ujarnya saat melakukan konferensi pers setelah rapat Koordinasi dan Supervisi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Kantor Gubernur Sulbar, Rabu kemarin.

Dikatakannya, pengadaan barang dan jasa memang menjadi titik paling rawan. Mulai dari mark-up harga hingga menurunkan spesifikasi merupakan titik paling rawan.

Meminimalisir itu, lembaga antirasuah tersebut menggencarkan upaya pencegahan. Salah satunya dengan melakukan koordinasi supervisi. Itu untuk melakukan pembinaan dalam hal penggaran, penguatan APIP dan masalah perizinan di PTSP.

“Itu yang kita dorong. Ini jadi agenda di seluruh Indonesia. Kita berharap yang menyangkut korupsi kita bisa cegah sejak dini,” ungkap Alexander.  (Rls*+).

 

Komentar