oleh

Save The Children bersama Mcinema.id Gelar Worhsop Pelibatan Media

2enam.com, Mamuju :  Save The Children bersama Mcinema.id menggelar workshop Peran Media Massa dalam Mendorong Pemenuhan Hak Anak pasca bencana.

Program Manager, Bathola Syamsuddin mengatakan, gempa bumi yang menghantam Kabupaten Majene dan Mamuju, menimbulkan
banyak korban jiwa dan kerusakan parah. Ribu warga terpaksa harus mengungsi termasuk anak-anak. Ruang anak pun menjadi catatan kritis sebab sangat berpotensi mengalami kekerasan, pernikahan usia anak dan tidak bisa mengeyam pendidikan.

Selain itu, hak-hak anak lainnya seperti bermain, akses kesehatan, perlindungan, mendapatkan makanan, rekreasi menjadi sangat terbatas, selalu was-was serta sangat rentan mengalami gangguan psikologi.

“Terkait hal itu, peran media sangat penting untuk melakukan advokasi untuk memberikan informasi yang mengedukasi, sehingga dapat memberikan pengetahuan bagi orang tua untuk anak dalam mengambil sikap dan tindakan,” kata Bathola.

Melalui workshop ini, juga mendukung dan mendorong peran media dalam pemenuhan hakhak anak. Khususnya dalam konteks memberikan atau menyajikan informasi kepada publik berpedoman terhadap Kode Etik Jurnalistik, sehingga tidak menjadi korban atas informasi yang tidak benar, serta meningkatkan peran luas masyarakat untuk memperjuangkan hak-hak anak.

“Pentingnya peran media, khususnya media lokal yang berada di posisi paling strategis untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dan menggulirkan isu serta mempengaruhi opini. Dengan publikasi yang baik akan menjadi ruang kampanye hak-hak anak, khususnya bagi pemerintah sehingga mendorong kebijakan untuk masalah anak,” jelasnya.

Melihat betapa pentingnya peran media untuk melihat lebih dalam mengenai apa saja yang terjadi khususnya di daerah pengungsian atau yang telah kembali kerumah, akan memberikan insight pada media masing-masing peserta training.

“Lebih lanjut dalam tahapannya diharapkan, media massa mampu melakukan tugas adkokasi atas anak
sebelum, saat dan sesudah gempa bumi yang melanda Sulawesi Barat,” ungkapnya.

M4R10

Komentar