oleh

Sapi Jokowi di Mamuju , Hewan Qurban Negara Yang Terberat Diluar Pulau Jawa

-Sulbar-25 views

2enam.com, Mamuju : Hewan qurban milik Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang diserahkan langsung ke Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menjadi hewan qurban terberat yang disumbangkan negara diluar pulau Jawa.

Urutan terberat pertama milik Presiden Jokowi berada di masjid Istiqlal dengan berat 1,7 Ton kemudian di istana Bogor seberat 1,5 Ton dan di keraton kasunanan Surakarta seberat 1,4 ton. Penyerahan secara langsung diterima oleh Bupati Mamuju, Habsi Wahid Minggu 11 Agustus di Pelataran Masjid Raya Suada Mamuju.

Sapi Jokowi di Mamuju , Hewan Qurban Negara Yang Terberat Diluar Pulau Jawa

Sekertaris Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Idris sesaat sebelum pelaksanaan serah terima hewan qurban milik Presiden Joko Widodo yang disertai dengan penandatanganan dokumen hibah hewan qurban mengungkapkan kedermawanan Presiden Jokowi dengan sejumlah hewan qurban di setiap provinsi menjadi tauladan dari segi keikhlasan.

“Qurban ini menjadi berkah keimanan kita orang Sulbar, semoga dengan kedermawanan bapak presiden ini kita dapat memperoleh manfaat maupun berkah. Tadi dilaporkan bahwa Sapi sumbangan bapak Jokowi untuk masyarakat Mamuju ini menjadi yang terberat ketiga setelah Istiqlal dan Istana Bogor,” papar Muhammad Idris

Farid (43) peternak sapi asal Sidodadi kecamatan Wonomulyo kabupaten Polman, yang merupakan pemilik sapi yang kemudian di beli Jokowi mengungkapkan tidak ada perawatan khusus untuk sapi yang dilakukannya hingga memiliki bobot fantastis hingga menjadi lirikan Presiden Jokowi melalui tim bantuan presiden.

“dibeli Seharga Rp 85 Juta. Sapi ini jenis Sapi Simental, Sejak 3 Minggu lalu sudah dihubungi sama pihak Pemprov Sulbar bahwa akan dibeli sama Presiden. Bobotnya di awal seberat 1 Ton 50 Kg setelah ditimbang ulang kini mencapai 1,1 Ton,” ungkap Farid

Sapi Jokowi di Mamuju , Hewan Qurban Negara Yang Terberat Diluar Pulau Jawa

Kepala Seksi Ibadah Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulbar, Abdul Razak mengungkapkan dalam proses pembayaran dilakukan secara tunai dan tanpa penghubung antara peternak dengan pemerintah.

“Berdasarkan rapat koordinasi bidang bantuan kemasyarakatan dari presiden, sudah dihimbau agar proses pengadaan melibatkan peternak langsung..dan bukan perantara sebagai upaya untuk Meningkatkan kesejahteraan peternak bukan pedagang,” jelas Razak

Bupati Mamuju, Habsi Wahid saat ditemui mengapresiasi hewan qurban pemberian dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berupa sapi super dengan bobot lebih dari satu ton. “Ini menandakan bahwa kita sangat diperhatikan oleh pak presiden,” ungkapnya.

Bupati Mamuju juga berpesan agar pelaksanaan idul adha 1440 Hijriah ini disertai dengan keikhlasan bahwa segala sesuatu yang sulit dapat diperoleh dengan kerja keras. Tak lupa pula ia meminta agar seluruh warga muslim mendoakan jamaah haji Sulbar yang kini tengah melaksanakan ibadah Haji

Berdasarkan keterangan panitia qurban Masjid Raya Suada Mamuju, Khusus untuk sapi bantuan Jokowi sebanyak 300 kupon telah disediakan oleh panitia. 200 disebarkan ke masyarakat kurang mampu sedang 100 kupon menjadi jatah panitia dan masyarakat sekitar masjid. (Iqbal Tabah*)

Komentar