Rumah Tenun Sekomandi Hadir di Mamuju

2enam.com, Mamuju : Lestarikan salah satu budaya leluhur di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), putra asli Kecamatan Kalumpang, Mamuju, Kristian Malangi, dirikan rumah tenun Sekomandi.

Pendiri Rumah Tenun Sekomandi, Kristian Malangi mengungkapkan, pendirian rumah tenun Sekomandi didasari keinginannya untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang diturunkan keluh orang Kalumpang, Mamuju, Sulbar.

“Ini merupakan salah satu langkah untuk melestarikan dan menjaga budaya yang kita miliki supaya tidak punah,” ujar Kristian Malangi. Senin 24 Mei 2022

Apalagi, kata dia, tenun Sekomandi asal Kecamatan Kalumpang, Mamuju, Sulbar itu, sudah terkenal luas di Indonesia, bahkan sudah mendunia.

“Jadi, kita ingin menyiapkan tenun Sekomandi ini bagi mereka yang ingin memilikinya,” ungkapnya.

Kristian Malangi berharap, dengan didirikannya rumah tenun Sekomandi, para peminat bisa dengan mudah mendapatkan tanpa harus mencari sampai di Kalumpang.

“Peminat tidak perlu lagi ke Kalumpang mencari Sekomandi karena sudah tersedia di Kota Mamuju,” bebernya.

Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi mengapresiasi pendirian rumah tenun Sekomandi.

“Ini merupakan peran serta masyarakat dalam menumbuhkan geliat ekonomi di Mamuju, Sulbar,” ungkapnya.

Ia mengaku, sangat terbantu dengan didirikannya rumah tenun Sekomandi oleh putra asli Kecamatan Kalumpang, Mamuju, Sulbar, Kristian Malangi.

“Kalau kita membutuhkan oleh-oleh, sudah ada tempatnya dan sudah tersedia,” tutur dia.

Dia mengungkapkan, dirinya meminta, pemilik rumah tenun Sekomandi membuat studio khusus untuk penenun Sekomandi itu sendiri.

“Sehingga, masyarakat luas bisa melihat secara langsung pembuatan tenun Sekomandi ini,” kata Siti Suraidah.

Menurutnya, tenun Sekomandi merupakan warisan budaya leluhur Kalumpang, Mamuju, Sulbar, yang sudah disahkan oleh UNESCO.

Wakil Bupati Mamuju, Ado Mas’ud berharap, apa yang dilakukan ini merupakan upaya menjaga dan melestarikan ciri khas Mamuju yang berasal dari Kalumpang.

“Kami menegaskan bahwa pemerintah harus hadir di momen seperti ini untuk mendukung secara total,” ujarnya.

Menurutnya, rumah tenun Sekomandi ini akan menghadirkan dampak ekonomi yang baik

m4r10

Komentar