oleh

RSUD Regional Sulbar Siap Hadapi Penyebaran Virus Corona

2enam.com, Mamuju – Direktur rumah sakit regional daerah (RSUD) Regional Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), dr. Indahwati mengimbau, masyarakat Sulbar tidak panik namun tetap waspada dengan penyebaran virus Corona di Indonesia.

“Jika ada yang batuk, sebaiknya menggunakan masker dan harus menjaga jarak untuk mencegah penularan penyakit,”kata dr. Indahwati , saat dikonfirmasi di RSUD Regional Sulbar, Selasa 3 Februari 2020.

Indahwati mengaku, pihaknya siap menghadapi penyebaran virus Corona dengan menyiapkan ruang isolasi sesuai dengan standar pelayanan.

“Jadi RS regional mengupayakan ruang isolasi kita sesuai dengan standar. Jadi, ruang-ruang isolasi itu sebaiknya bertekanan negatif. Kuman-kuman yang ada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik akan ditarik keluar dibuang ke udara bebas,”ujarnya.

Setidaknya, kata Indahwati, ada dua ruang isolasi yang disiapkan khusus untuk pasien yang terjangkit virus Corona, dilengkapi dengan alat pelindung perawat.

“Sekarang ini, kita siapkan dua ruangan khusus virus Corona dengan kapasitas enam pasien. Kita menyiapkan alat pelindung diri bagi perawat.l,”pungkas Indahwati.

Jika ada yang terjangkit virus Corona di Sulbar, Indahwati mengatakan, pihaknya akan melakukan pelayanan semaksimal mungkin dan melakukan penanganan yang optimal.

“Kalau ada pasien, harus kita layani tidak bisa kita tolak dan kita akan mencari cara penanganan yang lebih optimal,”tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa saat ini RSUD Regional Sulbar memiliki satu orang dokter spesialis paru. Dia juga menjelaskan, jika ada yang terjangkit virus Corona dan penyakitnya berat, itu akan dirujuk ke pusat rujukannya.

“Disini juga kita memiliki dokter spesialis paru. Saya kira dokternya paham soal itu. Jika ada yang terjangkit di Sulbar dan penyakitnya berat, kita akan rujuk ke pusat rujukannya khusus untuk virus Corona di RS Wahidin Makassar,”tutup Indahwati.

Adapun alat yang digunakan pada ruang isolasi khusus virus Corona di RSUD Regional Sulbar diantaranya, hepa filter untuk mengsterilkan atau mematikan kuman yang ada didalam ruangan, exhaust yang berfungsi untuk mengisap udara yang ada di ruangan, serta alat pelindung diri yang disiapkan namun masih kurang. Hanya ada tiga yang diberikan dinas kesehatan.

(Eka)

 

Komentar