oleh

Rekonstruksi Pendidikan Pasca Gempa dan Masa Pandemi Covid-19, Ombudsman Sulbar: Semua Pihak harus Terlibat

2enam.com, Majene : Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Barat menjadi narasumber pada kegiatan Pelantikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Majene Minggu (5/12/2021)

Lukman Umar mengungkapkan bahwa dalam membangun pendidikan pasca gempa di awal tahun lalu dan di masa pandemi Covid-19 dibutuhkan peran semua pihak.

“Untuk mencapai tujuan pendidikan, kita tidak boleh hanya menyadarkan itu di bahu para guru. Apalagi pasca gempa dan di masa pandemi seperti saat ini. Disadari atau tidak, guru mengalami kesulitan mewujudkan tujuan pendidikan karena dibatasi oleh berbagai problem dan aturan yang mengikat,” kata Lukman.

Lebih jauh, mantan guru SMK Negeri 1 Rangas Mamuju itu menambahkan bahwa peran orang tua juga sangat menentukan arah pendidikan Majene ke depannya. Termasuk pihak-pihak terkait yang mampu menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

“Meski di tengah keterbatasan, guru tetap kita harapkan mampu menyesuaikan diri dengan keadaan. Membangun sinegitas dengan orang tua dalam mendidik peserta didik. Dan pastinya memanfaatkan platform digital dengan maksimal,” pungkas Lukman.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula B’Nusabila Kabupaten Majene itu diharapkan mampu melahirkan ide dan semangat dalam merekonstruksi pendidikan pasca gempa dan di masa pandemi Cocid-19 menuju Majene yang religius dan berkemajuan.

Humas ORI Sulbar

Komentar