oleh

Rapi Daerah 34 Sulbar Laksanakan Rakerda

2enam.com, Mamuju : Radio Antara Penduduk Indonesia (Rapi) Daerah 34 Sulawesi Barat menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), di Pantai Mallawwa, Desa Tapandullu, Simboro, Sabtu 11 September.

Turut hadir dalam Rakerda tersebut yakni Pengurus Nasional Radio Penduduk Indonesia, Budi Nugroho.Perwakilan Sekretaris Provinsi Sulbar, Saharuddin dan Perwakilan Polda Sulbar, Kompol Daud.

Ketua Rapida 34 Sulbar, M Fadlan, mengatakan, organisasi yang dipimpinnya itu bakal intens membangun pola komunikasi hingga ke wilayah-wilayah termasuk hingga ke pelosok desa.

“Dalam waktu dekat juga ia bakal memabngun kerja sama dengan Kanwil Kemenang untuk bekerja sama dalam bentuk komunikasi,” kata Fadlan.

Agenda Rakerda membahas komunikasi dan informasi yang sifatnya mendidik. Turut aktif menyampaikan informasi penanganan kebencanaan terhadap masyarakat umum. Kemudian melawan hoax atau berita bohong yang selama ini banyak beredar dikalangan masyarakat, menjadi prioritas utama.

Menurutnya, hingga saat ini ada 444 orang anggota Rapi Daerah 34 Sulbar yang tersebar di seluruh kabupaten di Sulbar.

Pengurus Nasional Rapi, Budi Nugroho menerangkan, peranan Rapi sangat besar dalam menangkal penyebaran hoaks. JIka terjadi hoaks, anggota rapi harus menjadi yang terdepan tampil dalam memastikan informasi tersebut benar atau tidak.

“Setiap anggota telah memiliki alat komunikasi repeater yang dapat digunakan berkomunikasi dengan jarak berapa pun. Bahkan dapat menjangkau seluruh provinsi-provinsi di Indonesia,” kunci Budi.

M4R10.

Komentar