oleh

RAPI 34 Sulbar Gagas Tim Reaksi Cepat

2enam.com, Mamuju : Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah 34 Sulbar mulai menggagas membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC).

TRC merupakan tim yang bersiaga 24 jam memberikan bantuan informasi terhadap bencana yang terjadi di Sulbar.

Ketua RAPI Daerah 34 Sulbar Muh. Salil mengatakan, pembentukan TRC ini didasari atas semangat pembentukan RAPI di Sulbar. Menurutnya, frekuensi tidak hanya digunakan sebagai ajang silaturami saja.

“Melainkan ikut aktif mendukung pihak tertentu dalam memberikan informasi akurat, khususnya saat berada di lokasi bencana,” kata Muh. Salil.

Personel TRC dipilih dari anggota RAPI 34 yang sudah memiliki callsign. Artinya sudah sah bisa memakai frekuensi seperti yang diatur pemerintah.

“TRC diprioritaskan yang sudah memiliki pengalaman,” sebut, mantan Ketua SARDA Sulbar ini.

Salil menambahkan, salah satu tujuan dibentuknya RAPI adalah membina ketaatan anggota RAPI dan membantu usaha pemerintah dalam membina serta memajukan kegiatan Komunikasi Radio Antar Penduduk sebagai potensi komunikasi nasional.

“RAPI adalah organisasi sosial kemasyarakatan. Sehingga anggotanya harus dekat dengan masyarakat. Begitulah sehingga kami membentuk TRC ini,” katanya.

Sejumlah anggota RAPI 34 Sulbar pun berkumpul di kediaman Muh. Salil. Selain membahas soal rencana kegiatan, juga ditunjuk koordinator TRC RAPI JZ 34 Sulbar.

Dan sesuai kesepakatan, ditunjuk Inaldy yang memang dikenal sarat pengalaman untuk kegiatan-kegiatan lapangan.

.Mapos/Toton/M4R10

Komentar