oleh

Pukulan Bedug Tandai Pembukaan STQH XXVI Mamuju

2enam.com, Mamuju : Bertempat di pelataran Rumah Adat Mamuju, pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke XXVI se-Kabupaten Mamuju ditandai pemukulan beduk oleh Bupati Mamuju, Hj. Sitti Sutinah Suhardi, SH. M. Si, Senin malam 22 Maret 2021.

Dalam sambutannya Sitti Sutinah menyampaikan, kegiatan STQH ini telah sejalan dengan target pemerintah daerah yang tertuang dalam visi-misi Mamuju Keren.

“Secara konkret, penguatan sektor keagamaan telah tercakup dalam sasaran kerja pemerintah daerah melalui patron Mamuju Keren. Insya Allah ke depan kita akan memprogramkan satu desa satu rumah tahfiz. Targetnya, setiap desa akan melahirkan sepuluh santri yang akan menjadi hafiz dan hafizah,” beber Sutinah.

Bupati Mamuju menyudahi sambutannya dengan ucapan selamat bertanding bagi semua peserta dari setiap kecamatan.

“Junjung tinggi sportifitas dan persaudaraan, terlebih saya dengar semua peserta adalah SDM Mamuju asli, tidak ada pemain bayaran,” pesannya. Sutinah juga menyelipkan pesan kepada dewan juri serta hakim untuk tetap menjaga netralitas dan profesionalisme.

Pelaksanaan STQH ke XXVI yang mengusung tema “Dengan Semangat STQH Tingkat Kabupaten Mamuju, Kita Lestarikan Khazanah Budaya Islam dan Membangun Generasi Qurani Dalam Menyambut Mamuju Keren,” STQH tahun ini diikuti oleh 78 peserta dari 10 kecamatan.

Semua kecamatan di Kabupaten Mamuju dilaporkan berpartisipasi kecuali Kecamatan Bonehau, jelas ketua panitia pelaksana yang juga merupakan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Tonga, M. A. P.

Lebih lanjut, Tonga memaparkan cabang lomba yang dipertandingkan dalam ajang ini diantaranya Tilawah Anak-Anak dan Dewasa (Putra-Putri), Hifzil Quran (1, 5,10, 20,30 Juz Putra-Putri) Hadits (200 Dengan Matan Hadits, 500 Tanpa Matan Hadits, Putra-Putri), kemudian juga cabang Tafsir Al-Qur’an (Putra-Putri). Kegiatan ini akan berlangsung sejak 22 hingga 25 Maret 2021 bertempat di Kompleks Rumah Adat Mamuju, Kabupaten Mamuju.

(Diskominfosandi-RF)

Komentar