oleh

Program OPD Harus Sejalan dengan Visi Misi Gubernur-Wagub Sulbar

-Mamuju, Sulbar-15 views

2enam.com, Mamuju, Sekprov Sulbar , Ismail Zainuddin menghimbau tiap unit kerja yang ada di lingkungan pemerintah Provinsi Sulbar dalam menyusun program harus sejalan dan searah dengan pencapaian visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

“ Itu merupakan modal utama yang harus kita pegang, kalau tidak berawal dari situ maka bisa saja program tersebut menjadi tidak prioritas. Kita sudah konsisten bahwa setiap program harus merupakan penjabaran dari rencana pembangunan jangkahenengah daerah (RPJMD) 2017-2022,” tandas Ismail saat membuka Workshop Sosialisasi Awal Penyusunan Rencana Aksi Daerah Penyediaan Air Minum Dan Penyehatan Lingkungan (RAD – AMPL) Provinsi Sulbar di ruang pertemuan lantai 3 Kantor Gubernur Sulbar, Kamis 22 Februari 2018.

Ismail pada kesempatan juga menyarankan jangan menyusun RAD jika masih ada sistem atau instrumen yang tidak mendukung.

“Penyusunan RAD harus betul-betul tepat sasaran, jangan melakukannya kalau masih ada satu sistem yang tidak berfungsi. Untuk itu, yang lebih pertama kita lakukan adalah meyakinkan bahwa seluruh instrumen yang ada di dalamnya mendukung” terang IsmaiI.

Ketua Panitia, Mukaddam M. Saul Djadil mengemukakan, pemerintah republik Indonesia mempunyai komitmen terus meningkatkan akses penduduk pedesaan dan pinggiran kota terhadap fasilitas air minum dan sanitasi dalam rangka pencapaian target Universal Access 100-0-100 pada 2019.

“Penyedia Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dikelola di provinsi sudah mencapai lebih 60 persen. Pamsimas ini merupakan kegiatan pengelolaan penyediaan air minum berbasis masyarakat di tingkat desa,”kata Mukaddam.

Ia juga berharap RAD AMPL yang ada di kabupaten se-Sulbar bisa terhimpun dalam rangkaian RAD AMPL Provinsi Sulbar. Output dari pertemuan tersebut bagaimana RAD AMPL Kabupaten bisa terhimpun dalam RAD AMPL Provinsi Sulbar ke depan.

Workshop Sosialisasi RAD – AMPL  diikuti oleh Pamsimas kabupaten se-Sulbar, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta undangan lainnya. (humas/Muh*)

Komentar