Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polres Majene Selesaikan Masalah Warga Binaannya

Majene, Sulbar5 views

2enam.com, Majene : Permasalahan dalam hidup bermasyarakat merupakan hal biasa, utamanya yang bersinggungan dengan sosial yang memang memiliki ruang lingkup yang sangat luas, mulai dari yang kecil seperti di lingkungan keluarga hingga ke permasalahan yang cukup besar yang menyinggung SARA

Untuk itu Polri menerjunkan personil-personil pilihannya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dimasyarakat mulai dari yang terkecil hingga permasalahan yang dapat mengganggu stabilitas Kamtibmas diwilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polres Majene Kelurahan Labuang Utara Bripka Ahmad Dian berhasil menyelesaikan permasalahan kesalahpahaman antara dua orang warga binaannya Selasa (13/12/22) yang terjadi di Lingkungan Tunda, Kel. Labuang Utara, Kec. Banggae Timur, Kab. Majene.

Adapun dalam penyelesaian masalah, Bhabinkamtibmas Bripka Ahmad Dian membawa kedua belah pihak ke sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Polres Majene untuk dilakukan mediasi, dimana kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara musyawarah dan kekeluargaan.

Kedua pihak yang bermasalah setuju menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara kekeluargaan yang ditandai dengan penandatanganan surat pernyataan damai oleh yang bersengketa diatas materai yang diketahui oleh kepala ligkungan setempat. Ujar Ahmad Dian

Di sela-sela mediasi tersebut, Bripka Ahmad Dian memberikan himbaun kamtibmas kedua belah pihak tentang pentingnya hidup rukun dan damai dalam hidup bermasyarakat tanpa adanya permusuhan antar masyarakat.

Ditempat terpisah Kapolres Majene AKBP Febryanto Siagian menuturkan, Sebagai ujung tombak Kepolisian dikewilayahan, peran personel yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang harus selalu hadir ditengah masyarakat dalam membantu menyelesaikan / memecahkan permasalahan (problem solving) yang dialami oleh warga binaannya.

Saya berharap dengan adanya problem solving ini, permasalahan yang di alami oleh setiap warga masyarakat dapat di selesaikan dengan musyawarah sehingga tidak sampai ke ranah hukum. Ujar Kapolres

Humas Polres Majene

Komentar