Polresta Mamuju Pastikan Pengamanan TPS dan Distribusi Logistik Pemilu 2024

2enam.com, Mamuju : Polresta Mamuju mulai melaksanakan persiapan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Kapolresta Mamuju, Kombes Pol Iskandar mengatakan, pihaknya telah melaksanakan apel kesiapan pergeseran PAM TPS. Pergeseran pertama akan dilaksanakan pada Jumat 9 Februari, besok ke Pulau Balabalakang dan Kecamatan Kalumpang.

“Kekuatan pengamanan TPS 241 personel Polresta Mamuju, 100 personel Polda Sulbar dan 40 personel dari Brimob Sulbar. Secara keseluruhan total personel 381 orang,” kata Kombes Pol Iskandar. Kamis 8 Februari 2024

Selain itu, kepolisian juga menyiapkan dalmas cadangan, yakni staf yang tidak ikut dalam pengamanan. Namun sewaktu-waktu bisa digerakkan.

“Ada juga dalmas utama, yakni personel yang disiapkan jika situasi memungkinkan diturunkan untuk mengantisipasi Kamtibmas,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan mapping secara keseluruhan. Deteksi dini juga sudah dilakukan. Polisi juga sudah tahu daerah mana yang perlu diantisipasi. Sehingga polisi sudah paham, mana yang perlu dipertebal pengamanannya mana yang tidak.

“BKO dari TNI juga ada. Kita nanti sama-sama bertugas di lapangan,” jelasnya.

Sejauh ini, kata dia, ada beberapa TPS yang masuk kategori sangat rawan, rawan, khusus dan sebagainya.

“Saya sudah petakan dengan baik. TPS jumlahnya 783. Yang tidak rawan atau aman jumlahnya tentu lebih banyak. Tapi yang rawan perlu kita antisipasi,” bebernya.

Selain itu, personel yang terlibat dalam PAM TPS akan juga terlibat dan melekat dalam pengamanan pendistribusian kotak dan surat suara sampai ke tingkat PPS.

“Sampai di TPS personel akan mengamankan bersama masyarakat dan TNI di lokasi TPS. Setelah perhitungan polisi bakal mengawal kotak dan surat suara sampai ke PPK,” jelasnya.

Begitu juga dengan pengawalan dari PPK ke KPU Mamuju. Semua ada mekanisme pengawalannya masing-masing.

Komentar