Polres Pasangkayu Gelar Apel Pasukan OPS Ketupat Marano Tahun 2023

2enam.com, Pasangkayu  : Dalam rangka pengamanan idul Fitri tahun 2023 M/1444 H, kepolisian resor (polres) pasangkayu melaksanakan apel gelar pasukan operasi ketupat yang berlangsung di halaman polres pasangkayu, Senin (17/04/2023).

Apel gelar pasukan 2023 ini mengangkat tema “mudik aman berkesan” yang pimpin langsung oleh kepala kepolisian resor (Kapolres) pasangkayu AKBP Candra Kurnia Setiawan S.I.K,.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh komandan kodim (Dandim) 1427 pasangkayu, letkol Inf Rachmat Yunus. wakil bupati pasangkayu, Dr. Hj. Herny Agus, S.Sos., M.Si., kejaksaan negeri (Kejari) pasangkayu, Muchsin, S.H. M.H,. Wakapolres Pasangkayu Kompol Recky Wijaya S.H Serta unsur forkopimda lainnya.

Dalam gelar apel pasukan ini, Kapolres pasangkayu menyampaikan enak poin penting kepala kepolisian republik Indonesia (Kapolri) yang Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan “Presisi” sebagaimana harapan masyarakat.

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarana prasarana dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

Keenam, perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

Lanjut kapolres pasangkayu, apel gelar pasukan operasi ketupat 2023 digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Dimana, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat tahun 2023.

“Kesiapan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan take holder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H,” ujar AKBP Chandra Kurnia setiawan.

Lebih jauh, AKBP Chandra Kurnia setiawan S.I.K,. juga menyampaikan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022 menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023, atau meningkat 44,8%.

“Oleh sebab itu polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2023, selama 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023, ucapnya.

Kapolres pasangkayu menekankan, terkait permasalahan laka lantas optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan. Disamping itu ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas.

“Himbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan dan apabila terjadi laka lantas segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah,” tekannya.

“Tentunya berbagai pengaturan pada operasi ketupat 2023 harus didukung dengan oleh penguatan komunikasi publik. pastikan informasi bukan hanya send namun delivered, siapkan iklan layanan masyarakat pada seluruh platform media sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara berkala dan dapat merencanakan perjalanan mudiknya dengan baik,” ujarnya.

Di akhir amanatnya, melalui Kapolres pasangkayu, Jenderal Sigit mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan mitra kamtibmas lainnya. DIa juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2023.

“Saya juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga di bulan yang penuh rahmat ini, kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci,” tutupnya.

Humas Polres Pasangkayu

Komentar