oleh

Polda Sulbar Komitmen Berantas Premanisme

2enam.com, Mamuju :  Polda SulBar  terus berkomitmen memberantas aksi premanisme yang sering mengganggu kenyamanan dan ketertiban.

Dirkrimum Polda Sulbar, Kombes Pol Nyoman Artana mengatakan, pihaknya berkomitmen menjamin keselamatan dan memberi rasa tenang kepada masyarakat sehingga siap menindak tegas premanisme dan pungutan liar.

“Jadi sesuai dengan instruksi kapolri tentang pemberantasan premanisme kita di Sulbar sudah melaksanakan. Hanya saja memang terkait dengan kegiatan premanisame, daerah kita tidak seperti daerah besar lainnya, masih minim,” kata Kombes Pol Nyoman Artana. Selasa 22 Juni 2021

Menurutnya, Sulbar belum memiliki pusat-pusat perekonomian seperti pelabuhan dan sebagainya sehingga aksi premanisme masih minim.

“Kita juga memerintahkan seluruh Kasatreskrim melakukan kegiatan yang sama terkait premanisme dan pungli di Masyarakat. Terutama di pelabuhan dan jalur-jalur distribusi sembako yang rawan pnugli,” jelasnya.

Sejauh ini sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan. Hasilnya baru satu yang diproses, itu di di Polres Pasangkayu. Yang bersangkutan memungut retribusi di pasar malam. Pelaku mengaku sebagi petugas pungut tapi uang itu digunakan untuk kepentingan sendiri.

“Kalau yang lainnya kita lakukan razia di pasar dan terminal kita belum temukan. kita mensyukuri kita daerah kecil. Masih kondusif,” ujarnya.

Persiapan personel, kata dia, kalau personel sendiri di Polda ada enam orang, di polres kita siapkan semua, kita patroli malam. Hasil sejak dilaksanakan baru ditemukan dua hari lalu, itu saja yang baru.

“Saya mengimbau yang melaksanakan aktivitas transportasi, pereknonomiam apabila ada kelompok masyarakat yang mengganggu aktivitas tersebut, minta jasa atau uang, dengan cara memaksa yang bukan kepentingan bersangkutan segera laporkan,” kuncinya

Salah seorang warga, Muhammad Idrus menilai, jika ini adalah sebuah langkah yang baik dalam memberantas aksi premanisme. Hanya saja, mungkin terkait premanisme itu tentu adalah hal yang sering dilakukan tetapi itu tidak menyelesaikan masalah di akar rumput, dalam memberantas aksi premanisme itu bisa dilakukan secara konsisten.

“Tentu kita mengapresiasi langkah polda sulbar terutama dalam hal melakukan pemberantasan. Polda Sulbar tentu sudah mengetahui titik kejahatan di Sulbar, kita berharap bisa dilakukan secara masif,” ungkapnya.

M4R10

 

Komentar