oleh

PLN Respon Cepat Pelihara Tower Miring di Sulawesi Tengah

2enam.com, Makassar  : (5/9/2021) – PLN merespon cepat dengan melakukan pemeliharaan pada salah satu tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt kV di Sintufu- Sulawesi Tengah yang miring akibat tergerus aliran sungai Korona dampak dari curah hujan yang tinggi.

Jalur SUTT yang terdampak adalah jalur Transmisi Poso – Sidera. Kondisi tersebut lanjut dipicu oleh tingginya curah hujan beberapa hari terakhir sehingga menyebabkan aliran sungai meluap. Secara teknis kondisi tower sebenarnya jauh dari bibir sungai namun akibat adanya kegiatan penambangan pasir ilegal menyebabkan arus air berubah arah.

Pemeliharaan ini harus segera dilakukan untuk menghindarkan kerusakan yang lebih parah yang dapat mengganggu penyaluran tenaga listrik. Untuk mengatasi hal tersebut, PLN menerjunkan tim Emergency Restoration System (ERS) guna mempercepat pemulihan tower transmisi.

Manajer Komunikasi PLN UIW Sulselrabar Eko Wahyu Prasongko menuturkan PLN merespon cepat untuk melakukan pemeliharaan tower miring tersebut. “Semoga teman-teman di lapangan diberikan kesehatan selalu agar proses recovery dapat segera diselesaikan,” tambah Eko.

“Rencananya pemeliharaan akan dilakukan dari tanggal 5 – 14 September 2021, dan semoga tidak berdampak pada kontinuitas pasokan listrik di Mamuju, Mamuju Tengah, dan Pasang Kayu,” pungkas Eko.

Medan yang berat dan curah hujan juga menjadi tantangan tersendiri bagi petugas PLN dalam melakukan pemeliharaan tower miring tersebut. PLN memohon maaf atas apabila ada ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Untuk lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center 123 dan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

Rls

Komentar