PJU Polres Polman Kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional di Dusun Bajoe Desa Binuang

2enam.com, Polman : Kegiatan Puncak penanaman bibit tanaman mangrove oleh Personil jajaran Kodim 1402 Polman bersama Personil jajaran Polres Polman secara virtual/daring secara serentak di seluruh Indonesia yang di buka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. JOKO WIDODO tepatnya di Dusun Bajoe Desa Rea Kec.Binuang Kab.Polman Senin (15/05/2023)

Kegiatan Tersebut dihadiri Dandim 1402 Polman LETKOL CZI MASNI ETHA YANURIANEDHI, M.TR.(HAN),Kasdim 1402 Polman MAYOR INF. AHMAD,Pasi OPS Kodim 1402 KAPTEN INF. AHMAD YANI,Pasi Intel Kodim 1402 LETTU INF. HAKIM,Kabag Ops Polres Polman AKP RAMLI S.Sos, M.S.I.,Kasat Pol Air Polres Polman AKP SYAFRUDDIN SH,Kasat Samapta Polres Polman IPTU TAUFIQ MURWANTO, SH.,MH,Ps. Kasat Lantas Polres Polman IPTU M. RUSTAN S.Sos
– Camat Binuang ANDI SAGGAP R, S.Pd
– Danramil 01 Polewali MAYOR INF. SARIFUDDIN
– Kapolsek Binuang IPTU MUH RUM KASIM
– Kepala KRPH ISMAIL SP.
– Kepala KPH MAPILLI EKO SAPARIYANTO S.ST M.SI
– Personil jajaran Kodim 1402 Polman dan jajaran Polres Polman serta Unsur masyarakat berjumlah Kl. 70 orang.

Kegiatan penanaman mangrove serentak ini dilaksanakan secara berkelanjutan, hutan mangrove mempunyai keistimewaan dalam berbagai hal, baik dari aspek fisik, ekologi dan ekonomi. Dari sisi fisik, mangrove berakar banyak dan batangnya kokoh mampu mencegah bahaya tsunami, ombak, dan abrasi air laut.

Lebih lanjut Kabag Ops Polres Polman AKP Ramlih mengatakan, dari sisi ekologi mangrove berfungsi sebagai filter polusi air dan udara, karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur/limbah dan menyerap polutan/asap dari udara. Mangrove sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biak berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Dari sisi ekonomi mangrove menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan arang, serta menghasilkan buah atau biji untuk diolah menjadi berbagai pangan atau minuman. Kulit batang maupun daun mangrove sangat baik untuk bahan baku pewarna batik, selanjutnya keberadaan hutan mangrove berpotensi sangat besar untuk dikembangkan menjadi wisata alam, jelasnya.

Indonesia memiliki hutan mangrove seluas 23% dari wilayah dunia. Indonesia juga mempunyai komitmen kepada dunia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Humasa Polres Polman

Komentar