oleh

Pilkades Serentak Digelar Tahun Depan

2enam.com, Mamuju :  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 di Mamuju, ditunda lantaran pandemi virus korona.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Mamuju, Mas Agung mengatakan, Pilkades bakal digelar Februari 2021. Jadwal tersebut juga sesuai Surat Edaran Bupati Mamuju.

Menurutnya, tahap seleksi bakal dilangsungkan pada Desember, nanti. Seleksinya dilakukan di masing-masing desa yang bakal menggelar Pilkades.

“Ada 47 desa yang melangsungkan Pilkades. Serentak di Februari. Anggaran Pilkades tahun ini juga sudah direfocusing. Sudah dihapus anggarannya,” kata Mas Agung, kemarin.

Hanya saja, lanjut Mas Agung, jadwal tersebut masih menyesuaikan dengan situasi pandemi dan porsi anggaran di tahun 2021. Karena anggaran Pilkades lumayan besar.

“Memang Februari tapi tanggal pastinya belum ada,” beber Mas Agung.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPRD Mamuju, Mahyuddin Abdullah menyampaikan, surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 24 Maret 2020 hendaknya menjadi perhatian bersama dan perlu dipertimbangkan, apalagi di tengah pandemi.

“Surat edaran itu berisikan tentang penundaan Pilkades 2020,”

Selain itu, lanjut Mahyuddin, Mamuju juga menyelenggarakan Pilkada
di akhir tahun ini. Untuk itu ia meminta kepada semua pihak agar memastikan keamanan dan kondusifitas di daerah.

Keputusan Mendagri untuk menunda Pilkades berbanding terbalik dengan sikapnya yang bersikeras tetap melanjutkan tahapan Pilkada serentak 2020.

M4r10

Komentar