oleh

Pilkada Usai, Mari Rajut Kebersamaan

-Mamuju, Sulbar-12 views

2enam.com,Mamuju, Pembangunan di Sulawesi Barat tidak mengenal kata henti, demikian pula sumbangsih pemikiran bahkan pengorbanan materi sekalipun seharusnya mengakar dalam sanubari setiap warga yang menyatakan diri hidup dan mencari nafkah di bumi malaqbi’ Sulawesi Barat.

Dalam sebuah wawancara khusus 2enam.com bersama mantan Gubernur Sulawesi Barat dua periode Haji Anwar Adnan Saleh atau akrab disapa AAS, tersirat makna mendalam dibalik perjalanannya selama menakhodai pemerintahan wilayah hasil pemekaran Sulawesi Selatan ini.

2enam.com sempat bertanya,” Apa yang ingin bapak sampaikan kepada pasangan kepala daerah yang telah terpilih di pilkada sulbar ?”, Pinta 2enam.com kala menunggu menu siang di salah satu vila langgana AAS di Ancol Jakarta.

“Yah…kalian tau sendiri kan, membangun daerah ini penuh tantangan, apa yang kita liat dari hasil pembangunan daerah semuanya dimulai dari titik nol. Saya ( AAS.red) juga merasa bangga banyak pencapaian yang telah diraih berkat dukungan para pembantu saya ( OPD.red) yang gigih melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan dan pelayanan pemerintahan semuanya untuk kepentingan masyarakat. Meski diakui masih ada kekurangan disana-sini nyatanya perlu perbaikan bahkan bila perlu ditingkatkan,” Ujar Pecinta golf ini.

“Kita sudah bangun ratusan kilometer jalan memanjang dari paku hingga suremana, puluhan pelabuhan dan jembatan, hingga proyek multi years jalan arteri, program merakyat Bangun Mandar dan Gerakan Nasional Peningkatan Mutu dan Produksi ( Gernas Pro Kakao ), dan masih banyak lagi kegiatan membangun daerah lainnya, kesemuanya semata untuk kemakmuran rakyat,” Pungkas Anwar dengan mimik haru seraya mengingat sulitnya perjuangan bersama para tokoh pejuang pembentukan Sulawesi Barat.

“Kembali ke pertanyaan saudara (2enam.com) soal pesan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat terpilih, saya menitip amanah agar keduanya segera menyusun perencanaan kerja untuk menjawab segala janji politik yang pernah diucapkan selama masa kampanye hingga berakhirnya sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi,” Pesan AAS kepada pasangan Cagub dan Cawagub Sulbar Terpilih.

“Lalu bagaimana dengan kedua pasangan calon Kepala Daerah yang belum beruntung dalam perhelatan demokrasi di Pilkada Sulbar ?”, Kembali 2enam.com mengkonfirmasi.

“Baik….,kita kan sudah punya pemimpin ( Kepala Daerah ) yang baru, mari bersama-sama saling merangku, kita buang jauh segala perbedaan dan saatnya menata kemajuan Sulawesi Barat ke arah lebih baik. Jikapun ada kepentingan yang berbeda dalam dinamika politik, itu sah-sah saja, tapi bukan berarti kita harus terkotak kotak hanya lantaran beda pilihan,” Pinta AAS sambil melempar anggukan kepada pewarta yang melakukan wawancara khusus.

Anwar menambahkan para wartawan yang selama ini jadi mitra pemerintah daerah juga memegang peranan vital sebagai alat kontrol .

“Dengan begitu ia dapat mengetahui bagaimana kinerja bawahannya dalam menjabarkan segala kebijakan yang dikeluarkan berdasarkan aturan yang berlaku,” Tutup AAS sambil mengucapkan terima kasih kepada insan media di Sulawesi Barat telah ikut membantu menyebarkan berita terkait pembangunan dan kontrol sosial yang membangun untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat Sulawesi Barat. (Ran*)

Komentar