oleh

Pikitring Sulbagsel Perkuat Interkoneksi Jaringan Listrik Sulbar-Sulteng

2enam.com, Mamuju : Dalam pembangunan infrastruktur kelistrikan dan memperkuat serta memperluas jangkauan sistem interkoneksi, PLN membangun saluran transmisi.

Saluran transmisi tersebut dari Mamuju hingga ke Pasangkayu. Dan hari Kamis kemarin saluran tersebut sudah dioperasikan satu jalur.

Saluran tersebut bertujuan menyambungkan pasokan listrik dari Sulsel hingga ke Sulteng.

“Jadi itu akan meningkatkan keandalan pasokan listrik. Terutama di Sulteng. Selama ini pasokan listrik ke Pasangkayu itu hanya disuplai dari jalur Poso ke Palu. Jalur itu sangat rawan terjadi bencana alam dan keamanan,” kata Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Pembangkit dan Jaringan Sulawesi Barat, Ir Mahmud Thahir, Jumat 23 Oktober 2020

Menurutnya saluran transmisi itu membuat pasokan listrik di Pasangkayu dan sekitarnya lebih terjamin.

Apalagi, sambungnya, selama ini wilayah sulbar di Mamuju Tengah , tegangan listrik kurang baik. Listrik masih sering padam.

“Dengan beroperasinya jaringan yang sekarang ini maka keandalan pasokan listrik di Mateng semakin bagus, tidak ada lagi pemadaman dan lain-lain,” ujarnya.

Mahmud Thahir menyebut, ada sekira 534 jumlah menara jaringan dan 370,16 Kms panjang jaringan transmisi yang dibangun.

“Pembangunannya dimulai tahun 2018. Kurang lebih hampir 3 tahun,” papar Mahmud Thahir.

Tinggi tower, katanya, bervariasi. Tergantung kondisi lapangan. rata-rata 9 meter dan 15 meter dari standar.

“Keunggulan jaringan itu, jangkauannya lebih panjang. Kalau selama ini jaringan di Topoyo hanya disuplai dari jaringan distribusi, yang hanya 20 kilo volt itu jangkauannya semakin jauh semakin jelek, semakin drop tegangannya,” bebernya.

Menurut Mahmud, PLN juga telah membangun tiga gardu induk, yakni di Belang-belang, Topoyo dan Pasangkayu. Masing-masing berkapasitas 35 megawatt. Cukup memadai hingga saat ini.

“Pendanaannya internal PLN sendiri. Nilai totalnya dari Mamuju ke Pasangkayu itu sekira Rp 500 miliar. Termasuk trafo induk dan sebagainya. Ada enam kontraktor yang kerja,” kunci Mahmud Thahir.

M4R10

Komentar