oleh

Petani di Pedaanda Experimen, Kotoran Walet dijadikan Pupuk.

2enam.com, Pasangkayu : Saat ini mengkonsumsi buah dan sayuran belum tentu sehat. Sebab kebanyakan petani menggunakan Pupuk organik yang biasanya mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk memicu agar buah dan sayuran tampak lebih sehat.

Di desa Pedanda, kecamatan pedongga, kabupaten Pasangkayu, kini tengah mengujicoba Pupuk kandang dengan memanfaatkan kotoran burung Walet.

Petani di Pedaanda Experimen, Kotoran Walet dijadikan Pupuk.m

Petani sayur Kusno menyampaikan saat ini dirinya telah berexperimen untuk menggunakan kotoran burung walet sebagai pupuk kandang untuk tanaman sayuran miliknya, layaknya penggunaan pupuk kandang pada umumnya.

Hasilnya cukup bagus pak. Tanaman sayur yang saya pupuk, daunya tampak lebih sehat.”ungkap Kusno”

Namun demikian, penggunaan kotoran burung walet, menjadi Pupuk tanaman masih sebatas percobaan namun hasilnya dinilai cukup memuaskan”ujar kusno”

Semoga hasilnya baik, dan saya berharapa pihak dan dinas terkait dapat mengembangkan ini.”tambahnya”

Saat ini Kusno telah melakukan koordinasi dengan beberapa perguruan tinggi di Palu, Sulteng dan Sulsel untuk menguji labolatorium penggunaan kotoran walet, menjadi sebuah Pupuk. hasilnya uji labnya belum diketahui, namun uji coba yang dilakukan Kusno sendiri menunjukkan hasil yang baik bagi tanaman yang di pupuknya. (IHM*)

Komentar