oleh

Persalinan Lancar dan Nyaman Berkat Program JKN-KIS

2enam.com, Mamuju : Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sangat dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini dirasakan pula oleh Melia Ningsih (25), salah satu peserta JKN-KIS asal Sampaga yang mengaku sangat terbantu ketika melahirkan di rumah sakit.

Ibu rumah tangga yang selesai melahirkan anak pertama ini mengaku manfaat yang dirasakan bukan sekedar kemudahan dalam mendapatkan pelayanan saja akan tetapi terkait pembiayaan saat berobat pun ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Ia mengakui salah satu manfaat besar yang sulit terlupakan sebagai peserta JKN-KIS pada saat melahirkanm ketika itu kandungannya mengalami masalah dan dokter menyarankan operasi caesar.

“Saya ingat betul baru beberapa hari kemarin dokter menyarankan untuk segera melakukan caesar dan saya dengan mudah bisa terlayani saat harus menjalani operasi dan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali alias nol rupiah,” ucap Melia, Rabu (10/11).

Awalnya, Melia tak menyangka bahwa BPJS Kesehatan akan menanggung semua biaya selesai perawatan kelahiran. Bahkan bukan hanya biaya kelahiran, biaya kontrol selama kehamilan pun juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Saat konsultasi ke dokter selama saya hamil 9 bulan juga bisa dimudahkan dengan menggunakan kartu JKN-KIS ini. Sering saya dengar jika peserta JKN-KIS akan dibedakan pelayanannya dengan peserta umum, tapi pada kenyataannya tidak satu kalipun saya rasakan. Semuanya diberikan sesuai hak peserta, kita juga harus sadari bahwa memang semua ada prosedurnya tapi semua mudah kok,” tambahnya.

Wanita yang saat ini berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini lantas berharap agar masyarakat dapat menyadari pentingnya memiliki jaminan kesehatan yang merupakan kewajiban setiap penduduk Indonesia.

“Semoga semua masyarakat bisa sadar seperti saya untuk memiliki jaminan kesehatan, terlebih ini kan memang diwajibkan oleh pemerintah. Walaupun sebenarnya apabila belum diwajibkan oleh pemerintah pun menurut saya program ini harus dimiliki oleh setiap penduduk Indonesia karena sangat bermanfaat,” katanya.

(af/op)

Komentar