oleh

Permudah Akses Informasi Layanan, DPMPTSP Sebut Website Jadi Solusi

-Mamuju, Sulbar-10 views

2enam.com, Mamuju : Tak sedikit warga enggan mengurus izin usaha dan izin jenis lain. Bukan tak punya biaya, tapi banyaknya prosedur yang harus dilalui.

Kondisi ini membuat Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Mamuju, putar otak cari solusi. Website disebut sebagai solusi tepat.

Menurut Kepala DPMPTSP Mamuju, Rakhmat Thahir, melalui website, warga lebih mudah mengecek prosedur penerbitan izin. Termasuk administrasi apa saja yang harus terpenuhi secara daring.

“Website itu akan memuat jenis layanan, tahapan dan berkas apa saya yang dibutuhkan. Warga akan lebih mudah mengurus izin,” sebut Rakhmat, Rabu 20 Februari.

Website khusus bagi warga melek teknologi komunikasi. Bagi yang rabun, Rakhmat mengimbau tetap mendatangi kantor DPMPTSP untuk berkonsultasi. Tapi diharapkan warga benar-benar paham mekanisme dan alur pengurusan sebelum beranjak. Jika perlu mencatat dengan saksama. Rakhmat khawatir warga dilanda kebingungan setelah sibuk mengurus administrasi.

“Semua warga kami sediakan layanan. Baik secara daring maupun manual. Itu hak warga mendapat informasi dan memudahkan mereka,” sebutnya.

Meski sudah punya solusi, tampaknya itu belum bisa diiplementasikan. Rakhmat dilantik pasca penetapan APBD 2019. Sehingga ia hanya menjalankan seluruh program kegiatan yang sudah disusun pejabat lama.

“Ini kan tentu pakai anggaran. Makanya saya akan upayakan di APBD-P. Kalau tak bisa, nanti dimasukkan di APBD 2020,” kunci Rakhmat. (Saharuddin Nasrun*)

Komentar