Perkembangan Kasus Pemukulan Wartawan TV

Mamuju, Sulbar23 views

2enam.com, Mamuju, Kapolres Mamuju AKBP Muh.Rifai, dalam konprensi Pers terkait penanganan kasus Busman Rasyid mengatakan berdasarkan penyampaian saksi ahli dari Dewan Pers yang bersangkutan tidak melakukan prosedur yang diatur dalan kodek etik Jurnalistik, yaitu melakukan cara -cara profesional dalam melaksanakan tugas seperti memperlihatkan identitas kepada Narasumber, Menghargai Hak Privacy,tidak menyuap dan lain-lain.

” Berdasarkan keterangan saksi ahli  untuk kasus Saudara Busman Rasyid belum bisa diterapkan UU Pers,” Ujar AKBP  Muh. Rifai. saat konpers di Mako Polda Sulbar 22 /03/2017

Dikatakan pengembangan penyidikan kasus tersebut, selain pihak penyidik memproses berdasarkan KUHP juga pihak penyidik mencoba melakukan penyidikan Berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Di tempat yang sama Kasat Reskrim Polres Mamuju,  AKP Ade Chandra mengatakan  kasus Busman Rasyid

“telah mengumpulkan fakta-fakta yang terkait penyidikan kasus tersebut termasuk hal-hal yang mesti dilakukan oleh wartawan dalam menjalankan tugasnya sebagaimana disampaikan staf ahli Dewan Pers sebagai saksi ahli kasus tersebut” Ujar Ade

Dikatakan  kami ke Dewan pers bukan hanya menyampaikan laporan,tetapi juga faktanya  yang kemudian diteliti oleh Dewan Pers, terkait unsur yang harus dipenuhi manakala akan diterapkan UU Pers pada Kasus ini,termasuk Badan Hukum Perusahaan tempat bekerja,” Ujarnya (RS*)

 

Komentar