oleh

Penumpang Kapal Ferry Mamuju di Cek Suhu Badan

-Sulbar-14 views

2enam.com, Mamuju : Virus Corona atau COVID-19 menjadi pandemi dunia saat ini khususnya di Indonesia.Untuk mengantisipasi penyebarannya, pihak satgas COVID-19 pelabuhan Ferry Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulbar melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang yang datang dan selain itu juga menyediakan tempat cuci tangan.

Langka tersebut diambil Pihak pelabuhan setelah mendengar kabar bahwa adanya masyarakat Kalimantan dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Kepala Kordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Jembatan Timbang di Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan wilayah XIX Sulsebar, Eliawati mengatakan, pengecekan ini melibatkan berbagai unsur seperti Kementerian Kelautan dan Peringatan (KKP) Makassar, Syahbandar Pelabuhan, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan
(ASDP) Simboro, Mamuju.

Pemeriksaan tersebut dilakukan setelah adanya edaran dari Presiden Republik Indonesia untuk melakukan pengecekan suhu tubuh untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Eliawati menambahkan, selain pemeriksaan suhu tubuh penumpang juga menyediakan tempat pencucian tangan diatas dermaga bagi penumpang baik yang baru datang maupun penumpang yang ingin berangkat ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Disebutkan jika nantinya ada penumpang melewati 38 derajat celcius suhu tubuhnya, akan di instruksikan ke tempat khusus dan ditangani oleh dokter sebelum dibawah ke rumah rujukan, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional Sulbar.

“Hari ini kita bersyukur kepada tuhan, walau ada penumpang yang sakit tapi suhu tubunya masih normal,” ujarnya, Sabtu(21/3/2020).

Lebih lanjut Eliawati, pemeriksaan ini akan terus dilakukan sampai virus corona ini berlalu.

“Kita akan terus menerus lakukan pemeriksaan sampai betul-betul virus corona dinyatakan sudah tidak ada,” tutupnya.

Selain penumpang, juga dilakukan pengecekan suhu tubuh petugas Satgas COVID-19 pelabuhan dan buruh kapal untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan sehat.

(MRz)

Komentar