oleh

Pendamping SMN Asal Papua Barat Apresiasi Masyarakat Sulbar

-Sulbar-16 views

2enam.com, Mamuju : Lebih dari sepekan 20 siswa mengenal nusantara asal Papua Barat berada di Sulawesi Barat dan mereka sangat mengapresiasi keadaan damai yang ada di provinsi ke-33 itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pendamping Siswa Mengenal Nusantara asal Papua Barat Bartolomeus saat sebelum bertolak balik ke Kota Manokwari, Rabu (21/08/19).

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih bahwa masyarakat disini cinta damai, telah menerima kami dengan baik, mulai dari kami datang hingga akan bertolak ke Manokwari ini,” ungkap Bartolomeus di rumah jabatan Wakil Bupati Mamuju Irwan Pababari.

Bartolomeus juga mengatakan, selama berada di Sulbar, banyak pengalaman yang bisa didapatkan oleh siswa-siswi yang ia dampingi dari masyarakat di Tanah Malaqbi ini.

“Satu minggu kami disini banyak pengalaman-pengalaman yang anak-anak kami dapatkan di Sulbar, mulai dari budaya, cara hidup,” kata Bartolomeus.

“Karena didalam program ini juga anak-anak sudah bermalam di rumah masyarakat untuk mengenal kehidupan nyata dalam masyarakat Sulbar,” sambungnya.

Lanjut Bartolomeus, apa yang ia dan siswanya pelajari di Sulbar, bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat Papua Barat dalam menjagai persatuan, kesatuan dan kedamaian dalam kehidupan.

“Setelah kami melihat situasi dan keadaan di Sulbar, ini bisa dijadikan pembelajaran bagi kita di Manokwari.

Menurutnya, dari Sulbar ia bisa mempelajari bagaimana menjaga kedamaian, karena damai bagi Bartolomeus dami itu indah.

“Jangan kita percaya informasi-informasi yang tidak bertanggungjawab yang hanya memecah belah diantara kita sendiri. Kebersamaan kita tetap sebagai saudara di NKRI,” tutup Bartolomeus.

(74b*)

Komentar