oleh

Pemprov Gelar Rapim Bahas Pemulihan Pasca Gempa

2enam.com, Mamuju : Pemprov Sulbar menggelar rapat pimpinan tadi pagi. Rapim tersebut membahas soal percepatan pemulihan pasca gempa.

Jubir Satgas Penanganan Gemba Bumi Sulbar, M Natsir mengatakan, rapim tersebut juga membahas terkait pelayanan di pemerintahan provinsi Sulbar dan laporan hasil audit fisik dari PU terkait kondisi kantor Pemprov Sulbar yang masih berdiri.

“Selain itu usulan program pemerintah pusat yang akan segera dipaparkan gubernur dan sekda di kementerian PUPR. Namun, kami masih menunggu informasi dari Jakarta kapan gubernur ke Jakarta terkati program pemulihan rehabilitasi dan rekon bangunan pemerintah,” kata M Natsir, senin 1 Februari.

Terkait hitungan data kerugian, Natsir mengaku, untuk sementara didapat hitungan kerugia mencapai 18,1 triliun. Itu semua termasuk aset pemerintah maupun perorangan.

Sementar bagi pendataan rumah rusak, natisr menjelaskan, data itu bakal di uji publik untuk mengetahui ada tidaknya warga yang belum tercover.

“Kita memberikan kesempatan untuk memastikan apakah namanya ada atau tidak. Sehingga tidak ada pengabaian,” jelasnya.

Natsir mengimbau, agar warga tidak dulu menempati bangunan yang kondisinya retak dan tidak aman. Sebab, gempa susulan masih terjadi.

“Data sementara di Mamuju 11.423 rumah rusak, Majene 4.099 dan Mamasa 799 rumah,” tutupnya

m4R10

Komentar