Pemkab Mamuju Diharap Melibatkan Kaum Difabel Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah

2enam.com, Mamuju : Kaum disabilitas di Mamuju akan dilibatkan dalam setiap penyusunan program perencanaan pembangunan daerah.

Tak hanya itu, Pemkab Mamuju juga berencana membuat dermaga di pulau Karampuang yang bisa diakses kaum disabilitas di Mamuju.

Hal itu dikatakan Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi saat menghadiri peringatan hari disabilitas internasional tahun 2021, di Rumah Adat Mamuju, Selasa 21 Desember 2021.

“RPJMD kemarin untuk tahun ini, kita sudah libatkan teman-teman difabel dan akan rutin,” kata Siti Sutinah, Selasa, 21 Desember 2021.

Ia menambahkan, kaum disabilitas juga nantinya bakal diakomodir sebagai tenaga kontrak di tahun 2022 lingkup Pemkab Mamuju. Hal itu sebagai bentuk bahwa Pemkab Mamuju tidak membeda-bedakan.

Ketua Gema Difabel, Safar Malolo mengungkapkan, disabilitas bisa juga berkaya saat ini. Disabilitas juga diapyungi regulasi yang mengatur tentang perlindungan, seperti halnya kelompok rentan dan marjinal lainnya.

“Prinsip pembangunan dan penganggaran haruslah inklusi. Begitupun dengan pelibatan kami diharapkan dapat masuk di setiap kegiatan Musrenbang,” sebutnya.

m4r10

Komentar